Catat Daftarnya! Ini Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes



MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes. Apa saja ya?

Meski sayuran dikenal sebagai sumber nutrisi yang menyehatkan, beberapa jenis sayuran yang perlu dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah terbatas oleh penderita diabetes.

Ini karena ada beberapa jenis sayuran yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Jenis karbohidrat yang Anda konsumsi memang penting, namun jumlah karbohidrat yang Anda makan memiliki dampak paling besar pada kadar gula darah dan A1c.


Baca Juga: Layak Dicoba! Berikut 15 Pilihan Obat Herbal Darah Tinggi yang Ampuh

Melansir dari Diabetes Meal Plans, inilah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes:

1. Jagung Jagung mengandung 27 gram karbohidrat per cangkir, yang cukup tinggi untuk penderita diabetes. GI jagung berkisar antara 37 hingga 62, yang berarti dapat memicu kenaikan gula darah.

Sebagai alternatif yang lebih baik, asparagus dapat menjadi pengganti dengan hanya 7,4 gram karbohidrat per cangkir.

2. Parsnip Parsnip adalah sayuran akar yang mengandung 27 gram karbohidrat per cangkir. Dengan GI 52, parsnip termasuk dalam kategori GI sedang, tetapi tetap memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Sebagai gantinya, paprika merah hanya mengandung 6 gram karbohidrat per cangkir dan bisa menjadi pilihan yang lebih baik bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Khasiat Makan Buah Nanas Bisa Bantu Obati Penyakit Ini, Apa Saja ya?

3. Kentang Meskipun banyak orang menyukai kentang, sayuran ini mengandung lebih banyak karbohidrat daripada yang direkomendasikan untuk satu kali makan bagi penderita diabetes.

Satu kentang sedang mengandung sekitar 37 gram karbohidrat, yang cukup untuk menyebabkan lonjakan gula darah, mengingat indeks glikemiknya (GI) cukup tinggi, yaitu 98.

Alternatifnya, cobalah kembang kol yang hanya mengandung 5 gram karbohidrat per cangkir dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan seperti kentang.

4. Ubi Jalar Meskipun sering dianggap lebih sehat daripada kentang, ubi jalar tetap tinggi karbohidrat. Satu ubi jalar mengandung 24 gram karbohidrat.

Indeks glikemiknya bervariasi dari 44 hingga 96, sehingga ubi jalar juga tidak ideal bagi penderita diabetes. Sebagai alternatif, labu yang rendah karbohidrat dan kaya vitamin A bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Baca Juga: Makan Buah Sirsak Bisa Sembuhkan Penyakit Apa Saja? Simak Selengkapnya di Sini

5. Ubi Ubi sering disamakan dengan ubi jalar, tetapi keduanya berbeda. Ubi lebih kering dan bertepung dibandingkan ubi jalar. Satu cangkir ubi mengandung 41,8 gram karbohidrat, yang sangat tinggi untuk penderita diabetes.

Alih-alih ubi, coba gunakan zucchini yang hanya mengandung 0,5 gram karbohidrat per cangkir sebagai pilihan rendah karbohidrat.

Itulah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes. Mengurangi konsumsi sayuran yang tinggi karbohidrat dan menggantinya dengan pilihan rendah karbohidrat dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Cara Agar Layar HP Tidak Cepat Mati di Android Samsung hingga Xiaomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas