Catat, Ini Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan yang Dibuka 9 April 2022



KONTAN.CO.ID -  Jadwal pendaftaran sekolah kedinasan 2022 sudah dirilis yaitu pada tanggal 9 April 2022 mendatang. Bagi siswa yang ingin mendaftar sekolah kedinasan, bisa menyimak tata cara pendaftarannya berikut ini.  

Bersumber dari Instagram Badan Kepegawaian Negara atau BKN, pendaftaran dibuka pada 9-30 April 2022. Kegiatan ini dibuka pukul 09.22 WIB dan ditutup pukul 23.59 WIB. 

BKN menyediakan portal dikdin.bkn.go.id dimana pelamar bisa melakukan pendaftaran, pemilihan sekolah, verifikasi oleh instansi, hingga tes CAT kelulusan dan layanan helpdesk di portal tersebut. 


Tahun ini sebanyak delapan instansi yang membuka pendaftaran di sekolah kedinasan binaannya. Instansi tersebut diantaranya: 

  • Kementerian Perhubungan
  • Kementerian Hukum dan HAM
  • Kementerian Dalam Negeri
  • Kementerian Keuangan
  • Badan Intelijen Negara
  • Badan Pusat Statistik
  • Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
  • Badan Siber dan Sandi Negara
Baca Juga: Dari Visual hingga Kinestetik, Begini Cara Belajar yang Tepat Sesuai Gaya Belajar

Tata cara pendaftaran sekolah kedinasan 2022

Merangkum dari Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan 2022 yang dirilis oleh BKN, berikut ini tata cara pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2022:

1. Masuk ke portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id

2. Pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, kemudian membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di https://dikdin.bkn.go.id

3. Login dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya

4. Melakukan swafoto atau selfie, mendaftar sekolah kedinasan dan jurusan yang tersedia, serta melengkapi form isian

5. Penting untuk diingat jika pelamar hanya dapat melamar di 1 Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, bisa didapat di situs resmi masing-masing sekolah kedinasan.

6. Memasukkan Nilai sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan 

7. Melengkapi biodata dengan benar dan jujur

8. Mengunggah atau upload dokumen sesuai dengan persyaratan

9. Cek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)

10. Klik "Kirim" jika sudah yakin seluruh data dan dokumen yang diunggah benar, data yang telah dikirim tidak dapat diubah dengan alasan apapun

11. Pelamar mengecek hasil verifikasi

12. Jika dinyatakan lulus verifikasi, pelamar akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran serta biaya pendaftaran bisa Anda cek di situs instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih.

Baca Juga: Daftar 20 Kampus Negeri Terbaik Indonesia 2022 versi Webometrics, Pilihan UTBK-SBMPTN

13. Jika sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya, pelamar akan mendapatkan Kartu Ujian

14. Mengikuti tahapan tes seleksi sesuai dengan jadwal yang ditentukan

15. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

16. Bagi pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.

Demikian informasi tentang tata cara pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2022. Meskipun belum dibuka, Anda bisa mulai mempersiapkan diri sejak sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News