Catat, inilah manfaat bawang merah dan risikonya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat bawang merah berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Dengan mengonsumsi bawang merah secara rutin, kesehatan jantung, daya tahan tubuh, dan gula darah menjadi lebih terkontrol. Meski demikian, Anda tetap perlu mewaspadai risikonya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengutip dari Live Science (livescience.com), bawang merah menjaga kesehatan jantung dengan berbagai cara. Mulai dari menurunkan tekanan darah, risiko serangan jantung, dan stroke. Hal itu berasal dari kandungan sulfur yang ada dalam bawang merah.

Mengonsumsi bawang merah juga mampu menjaga jumlah lemak darah dan kolesterol dalam tubuh supaya tetap stabil. Selain itu, quercetin dalam bawang merah mampu mengurangi penumpukan plak dalam arteri sehingga risiko serangan jantung dan stroke berkurang.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Polyphenol adalah salah satu kandungan dalam bawang merah yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan berguna untuk meningkatkan sistem imun sehingga tubuh mampu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Baca Juga: Ini manfaat konsumsi bawang bombai untuk kesehatan

Selain itu, bawang merah juga mampu menekan reaksi alergi dengan cara menekan produksi histamin saat tubuh bertemu dengan alergen. Dengan begitu, gejala alergi, seperti bersin atau gatal, bisa Anda hindari.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah mengontrol gula darah tubuh karena mengandung chromium. Live Science mengatakan bahwa sulfur dalam bawang merah bisa menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan produksi insulin.

Hal itu menunjukkan bahwa bawang merah cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, baik diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2. Selain menurunkan gula darah, bawang merah juga berguna untuk menurunkan jumlah indeks glikemik dan menormalkan enzim liver.

Baca Juga: Ini manfaat jahe merah sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Risiko Mengonsumsi Bawang Merah

Selain mendapat manfaat bawang merah, Anda juga perlu mewaspadai risiko apa yang bisa Anda alami saat mengonsumsi bawang merah. Karbohidrat dalam bawang merah bisa membuat Anda kembung. Bawang merah mentah juga bisa menyebabkan heartburn yang memperparah GERD.

Meski jarang terjadi, bawang merah juga bisa menyebabkan alergi. Beberapa gejala yang muncul saat Anda alergi bawang merah adalah mual, muntah, mata merah dan gatal, dan muncul ruam di kulit.

Selanjutnya: 4 Manfaat jahe merah sebagai obat herbal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News