Catatan Kinerja 9M24 ESSA Solid Didorong Peningkatan Produktivitas&Pengendalian Biaya



KONTAN.CO.ID - PT ESSA Industries Indonesia Tbk. (“ESSA”), perusahaan tercatat yang bergerak di sektor Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan pabrik Amoniak perusahaan terbuka yang bergerak di sektor Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan pabrik amoniak mencatatkan pendapatan 9M24 sebesar USD 230 juta, tercatat sedikit penurunan sebesar 1% YoY.

Namun, EBITDA tercatat meningkat sebesar 47% YoY menjadi USD 97 juta pada 9M24. Meskipun terjadi penurunan harga Amoniak sebesar 9% YoY menjadi USD 345/MT pada 9M24, namun peningkatan volume produksi dan pengedalian biaya yang baik berhasil mendorong peningkatan EBITDA.

ESSA senantiasa mempertahankan standar terbaik pada aspek keselamatan dan keandalan seluruh pabriknya. Sejalan dengan hal tersebut, pabrik amoniak berhasil mencatatkan 8 juta jam kerja kumulatif tanpa Loss Time Injury, sementara kilang LPG berhasil mencapai tonggak sejarah dengan mencatatkan lima tahun beroperasi secara terus menerus tanpa trip.


Kegiatan pemeliharaan pabrik amoniak selama hampir dua minggu pada 2Q24, berhasil mendorong produktivitas dan efisiensi optimal, seiring dengan keandalan operasional yang lebih baik.

Sementara itu, harga amoniak menunjukkan tren kenaikan sepanjang kuartal ketiga 2024 dan ESSA memproyeksikan harga amoniak pada kuartal keempat 2024 akan berada di level yang lebih baik.

Selain itu, harga LPG tetap berada di atas harga pada periode terendah musiman yang disebabkan oleh perpanjangan pemangkasan produksi minyak secara sukarela oleh negara - negara anggota OPEC+. Dengan adanya seasonal winter demand, harga LPG kuartal keempat 2024 juga diproyeksikan akan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan harga pada kuartal ketiga 2024.

ESSA berkomitmen untuk mencapai manufacturing excellence, berpihak pada keberlanjutan lingkungan, dan selalu menjadi yang terdepan dalam perkembangan industri. Di saat yang bersamaan, ESSA terus menjajaki peluang-peluang baru yang sejalan dengan keunggulan kompetensi yang dimiliki untuk senantiasa memaksimalkan nilai tambah bagi para Pemegang Saham.

Baca Juga: Laba Bersih ESSA Industries Melonjak 243% Menjadi US$ 33,56 Juta Per September 2024

Selanjutnya: Tiga Bank Uji Coba Inovasi Skema Credit Scoring KUR, Ini Kriteria Debiturnya

Menarik Dibaca: Resep Pecel Lele Sambal Lamongan Pedas, Bikin Ngiler dan Lapar Terus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti