JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendatangkan 90 dari rencananya 310 bus gandeng baru untuk transjakarta pada awal tahun ini. Sayangnya, barang baru itu kondisinya tak terlihat baru.Sejak tiba, kondisi fisik bus tersebut sudah banyak yang rusak. Pengoperasiannya pun kerap menghadapi kendala.Berdasarkan informasi yang didapatkan Kompas.com dari internal Unit Pelaksana Transjakarta, Senin (10/2/2014), kerusakan mesin juga ditemukan pada puluhan bus baru itu, mengakibatkan bus-bus tersebut tak dapat beroperasi.Berikut ini adalah catatan jadwal operasional dari puluhan bus yang disebut baru itu per tanggal operasional berdasarkan rute masing-masing.1. Bus baru untuk rute angkutan TJ01-30 rute Pulogadung-Harmoni-Kalideres15 Januari 2014: diresmikan 30 bus16 Januari 2014: tidak beroperasi 13 unit17 Januari 2014: tidak beroperasi 21 unit18-21 Januari 2014: tidak beroperasi 22 unit22 Januari 2014: tidak beroperasi 15 unit23 Januari 2014: beroperasi semua24 Januari 2014: beroperasi 6 unit25 Januari 2014: tidak beroperasi 11 unit26 Januari 2014: tidak beroperasi 11 unit27 Januari 2014: tidak beroperasi 6 unit28 Januari 2014: tidak beroperasi 3 unit29 Januari 2014: tidak beroperasi 11 unit30 Januari 2014: tidak beroperasi 7 unit31 Januari 2014: tidak beroperasi 7 unit2. TJ 31-60 rute PGC-Ancol dan Harmoni-Lebak Bulus.22 Januari 2014: diresmikan 30 unit23 Januari 2014: tidak beroperasi 7 unit24 Januari 2014: tidak beroperasi 7 unit25 Januari 2014: tidak beroperasi 10 unit26 Januari 2014: tidak beroperasi 11 unit27 Januari 2014: tidak beroperasi 20 unit28 Januari 2014: tidak beroperasi 17 unit29 Januari 2014: tidak beroperasi 14 unit30 Januari 2014: tidak beroperasi 13 unit31 Januari 2014: tidak beroperasi 14 unit3. TJ 61-90 rute Pinang Ranti-Pluit30 Januari 2014: diresmikan 30 unit31 Januari 2014: tidak beroperasi 18 unitSejumlah alasan mendasari tak beroperasinya bus-bus itu, mulai dari mesin yang terlalu cepat panas, kepala aki berkarat sehingga menghambat proses kelistrikan mesin, mesin sulit dinyalakan, pengatur suhu bocor, tabung pendingin mesin tiba-tiba meledak meski mesin dijalankan pada kondisi normal, hingga fanbelt putus.Kerusakan lain yang disebut juga melatari tak beroperasinya bus-bus itu adalah instalasi kabel terkelupas, komponen seperti radiator tak berfungsi, AC berjamur, ban mudah pecah, dan lampu indikator bahan bakar gas tidak berfungsi.Ketika dikonfirmasi fakta tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono tak dapat menjelaskannya. Dia mengatakan kerusakan pada bus sudah dikomunikasikan ke agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk segera mendapatkan penggantian."Kartu trufnya ada di situ sebenarnya. Jadi, jangan khawatir. Yang penting kan ATPM-nya bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi, sedang dalam proses," ujar Pristono. (Fabian Januarius Kuwado)Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Catatan operasional harian bus baru yang rusak
JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendatangkan 90 dari rencananya 310 bus gandeng baru untuk transjakarta pada awal tahun ini. Sayangnya, barang baru itu kondisinya tak terlihat baru.Sejak tiba, kondisi fisik bus tersebut sudah banyak yang rusak. Pengoperasiannya pun kerap menghadapi kendala.Berdasarkan informasi yang didapatkan Kompas.com dari internal Unit Pelaksana Transjakarta, Senin (10/2/2014), kerusakan mesin juga ditemukan pada puluhan bus baru itu, mengakibatkan bus-bus tersebut tak dapat beroperasi.Berikut ini adalah catatan jadwal operasional dari puluhan bus yang disebut baru itu per tanggal operasional berdasarkan rute masing-masing.1. Bus baru untuk rute angkutan TJ01-30 rute Pulogadung-Harmoni-Kalideres15 Januari 2014: diresmikan 30 bus16 Januari 2014: tidak beroperasi 13 unit17 Januari 2014: tidak beroperasi 21 unit18-21 Januari 2014: tidak beroperasi 22 unit22 Januari 2014: tidak beroperasi 15 unit23 Januari 2014: beroperasi semua24 Januari 2014: beroperasi 6 unit25 Januari 2014: tidak beroperasi 11 unit26 Januari 2014: tidak beroperasi 11 unit27 Januari 2014: tidak beroperasi 6 unit28 Januari 2014: tidak beroperasi 3 unit29 Januari 2014: tidak beroperasi 11 unit30 Januari 2014: tidak beroperasi 7 unit31 Januari 2014: tidak beroperasi 7 unit2. TJ 31-60 rute PGC-Ancol dan Harmoni-Lebak Bulus.22 Januari 2014: diresmikan 30 unit23 Januari 2014: tidak beroperasi 7 unit24 Januari 2014: tidak beroperasi 7 unit25 Januari 2014: tidak beroperasi 10 unit26 Januari 2014: tidak beroperasi 11 unit27 Januari 2014: tidak beroperasi 20 unit28 Januari 2014: tidak beroperasi 17 unit29 Januari 2014: tidak beroperasi 14 unit30 Januari 2014: tidak beroperasi 13 unit31 Januari 2014: tidak beroperasi 14 unit3. TJ 61-90 rute Pinang Ranti-Pluit30 Januari 2014: diresmikan 30 unit31 Januari 2014: tidak beroperasi 18 unitSejumlah alasan mendasari tak beroperasinya bus-bus itu, mulai dari mesin yang terlalu cepat panas, kepala aki berkarat sehingga menghambat proses kelistrikan mesin, mesin sulit dinyalakan, pengatur suhu bocor, tabung pendingin mesin tiba-tiba meledak meski mesin dijalankan pada kondisi normal, hingga fanbelt putus.Kerusakan lain yang disebut juga melatari tak beroperasinya bus-bus itu adalah instalasi kabel terkelupas, komponen seperti radiator tak berfungsi, AC berjamur, ban mudah pecah, dan lampu indikator bahan bakar gas tidak berfungsi.Ketika dikonfirmasi fakta tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono tak dapat menjelaskannya. Dia mengatakan kerusakan pada bus sudah dikomunikasikan ke agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk segera mendapatkan penggantian."Kartu trufnya ada di situ sebenarnya. Jadi, jangan khawatir. Yang penting kan ATPM-nya bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi, sedang dalam proses," ujar Pristono. (Fabian Januarius Kuwado)Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News