KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten ritel, PT Matahari Putra Prima Tbk (
MPPA) terpantau mencatatkan kinerja yang memuaskan di sepanjang kuartal pertama tahun ini. Mengutip siaran pers yang diterima Kontan.co.id pada Senin (9/5), MPPA berhasil membukukan total penjualan sebesar Rp 1,69 triliun di sepanjang kuartal I-2022. Angka ini lebih tinggi 9,2% dibandingkan kuartal I-2021, dengan pertumbuhan penjualan comparable stores sebesar 5,2%. Elliot Dickson, Chief Executive Officer MPPA menuturkan, pangsa pasar MPPA juga terus mengalami pertumbuhan. Di mana hingga kuartal I-2022 pangsa pasar MPPA tercatat mencapai 26,2%. Meningkat dari akhir tahun 2021 yang sebesar 24,7%.
"Pangsa pasar MPPA terus bertumbuh mencapai 26,2% di akhir kuartal I-2022, dibandingkan dengan 24,7% di akhir tahun 2021, dalam sektor pasar supermarket dan hipermarket menurut data NielsenIQ," tutur Elliot.
Baca Juga: Makin ekspansif, John Riady Bagikan Rahasia Kinerja Cemerlang Group Lippo Dia menambahkan, bisnis e-commerce MPPA juga turut menunjukkan pertumbuhan signifikan yakni 56,3%. Menurutnya, kontribusi bisnis e-commerce mewakili 7,3% dari total penjualan reguler di kuartal pertama 2022. "Hal ini tercapai sebagai hasil dari MPPA melanjutkan upayanya dalam memperluas dan memperkuat strategi omni-channel melalui kolaborasi promosi yang terfokus dan intensif dengan para mitra marketplace serta memperkuat bisnis online organiknya (Chat & Shop by WA & Hypermart Online)," jelas dia. Secara month to date (MTD) April 2022, penjualan MPPA secara keseluruhan tercatat meningkat lebih dari 26,6% yoy. Dengan rincian, penjualan reguler (tidak termasuk penjualan online) tumbuh 26,5% yoy dan penjualan bisnis e-commerce meningkat sebesar 81% yoy. Elliot menuturkan, selama bulan April lalu, MPPA fokus memanfaatkan momentum lebaran dengan dua event promosi penting dan beberapa kegiatan lainnya. "MPPA bangga dapat mencatatkan pertumbuhan penjualan yang solid pada MTD April 2022, seiring membaiknya situasi Covid-19 dengan pelonggaran PPKM dan momentum kuat periode Lebaran," tutur Elliot.
Baca Juga: Penjualan Ramadan Bisa Naik Tiga Kali Lipat, Emiten Ritel & Konsumer Siap-Siap Cuan Dengan pelonggaran mobilitas masyarakat, tingkat PPKM dan jam operasional bisnis, penjualan April menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Hal ini membuat MPPA optimistis dapat membawa lebih banyak momentum peningkatan kinerja penjualan ke depan.
"MPPA mengubah arah pertumbuhan penjualan Perseroan dan bersiap memasuki kuartal II-2022 dan periode berikutnya selama tahun 2022 untuk membawa MPPA ke pijakan yang tepat sebagai peritel modern FMCG terkemuka di Indonesia," tutup dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Yudho Winarto