Cawapres Demokrat Paling Miskin Dibanding Kandidat Pilpres AS Lainnya



KONTAN.CO.ID - Gubernur Minnesota Tim Walz kemungkinan merupakan orang termiskin dari keempat kandidat pemilu presiden Amerika Serikat (AS) pada tahun ini. 

Mengutip Bloomberg, kekayaan bersih Walz setelah terpilih sebagai calon wakil presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris yang diungkapkan bernilai di bawah US$ 1 juta. 

Sebagai mantan anggota DPR yang mendorong undang-undang federal yang memperketat pengungkapan perdagangan saham kongres pada tahun 2012, Walz mengatakan pada saat itu bahwa ia sendiri tidak memiliki saham apa pun. 


Menurut pengungkapan harta kekayaan terbarunya, lebih dari satu dekade kemudian, ia masih tidak memilikinya.

Sebagai perbandingan, calon dari Partai Republik Donald Trump memiliki kekayaan bersih US$ 5,7 miliar, menempati peringkat ke-500 pada Indeks Miliarder Bloomberg. 

Calon wakil presidennya, Senator JD Vance dari Ohio, mengungkapkan kekayaan bersih antara US$ 4,3 juta dan US$ 10,7 juta dalam pengungkapan terbarunya di Senat AS.

Harris telah mengungkapkan bahwa ia memiliki uang tunai antara US$ 550.000 dan US$ 1,1 juta di rekening bank AS. Dia juga memiliki dana pensiun antara US$ 775.000 dan US$ 1,8 juta.

Baca Juga: Donald Trump dan Kamala Harris akan Berdebat di ABC, Ini Informasinya

Pengungkapan terbaru Walz kepada Dewan Keuangan Kampanye Minnesota tidak mencantumkan saham, real estat, atau kepentingan pacuan kuda. 

Minnesota memiliki definisi aset yang dapat dilaporkan yang jauh lebih sempit daripada hukum federal. Namun, tidak termasuk saham senilai kurang dari US$ 10.000 dan reksa dana atau dana yang diperdagangkan di bursa.

Pengungkapan harta Walz sebelum itu menunjukkan investasi yang relatif sederhana dan konservatif yang sesuai dengan statusnya sebagai guru pensiunan dan prajurit Garda Nasional Angkatan Darat. 

Dalam pengajuan terakhirnya sebagai anggota Kongres pada tahun 2019, Walz mengungkapkan aset senilai antara US$ 362.000 dan US$ 830.000.

Angka-angka tersebut termasuk nilai rumahnya, yang biasanya tidak perlu dia ungkapkan. Namun, karena Walz dan istrinya menyewakan kamar kosong, kamar itu terdaftar sebagai aset yang menghasilkan pendapatan.

Menurut catatan properti, keluarga Walz menjual rumah mereka di Mankato, Minnesota seharga US$ 304.000 pada tahun 2019 setelah pindah ke rumah gubernur.

Aset lain yang diungkapkan pada tahun 2019 termasuk rencana tabungan kuliah, pensiun guru negara bagian, dan polis asuransi seumur hidup.

Baca Juga: Biden Tidak Yakin Akan Transisi Kekuasaan yang Damai Jika Trump Kalah dalam Pemilu

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie