Cek Apa Saja Manfaat Pottery buat Kesehatan, Tak Cuma Bikin Keramik Saja



MOMSMONEY.ID - Selain membantu relaksasi tubuh dan pikiran, ini dia beragam manfaat kegiatan membuat keramik atau pottery yang perlu diketahui.

Tak banyak yang menyangka bahwa aktivitas atau hobi membuat keramik punya manfaat baik bagi kesehatan tubuh dan mental.

Cari tahu di sini, ternyata aktivitas membuat keramik atau pottery memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental juga, lo.


Baca Juga: 4 Keuntungan Berhenti Minum Alkohol buat Tubuh, Berat Badan Bisa Turun

Mengasah kemampuan kinestetik

Kemampuan kinestetik tentu perlu diasah setiap harinya. Kemampuan ini bersinggungan dengan kemampuan untuk menyentuh yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis kegiatan yang melibatkan kemampuan kinestetik memberi kesempatan untuk meningkatkan pergerakan sendi-sendi, ketangkasan dan cekatan, serta keterampilan motorik halus. Kegiatan pottery juga tentunya cocok dilakukan untuk anak-anak dengan media clay.

Meningkatkan fokus

Sudah bukan rahasia lagi, ya, bahwa aktivitas pottery atau membuat keramik membutuhkan fokus yang tinggi.

Laman Firefly pottery menjelaskan, dalam proses kreativitas membuat keramik, fokus untuk berkreasi dan membuat keramik seperti yang diinginkan sangat dibutuhkan.

Jika terbiasa berlatih fokus dari kegiatan membuat keramik, nantinya, kemampuan tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam kesibukan sehari-hari.

Baca Juga: Bukan Keseringan Seks, Ini Penjelasan Klinis Kenapa Vagina Bisa Kendur

Mengurangi stres

Kegiatan kreatif seperti membuat keramik juga efektif untuk mengurangi stres, terutama jika digunakan sebagai hobi. Melansir dari laman Heath Fitness Revolution, fokus yang dibutuhkan saat membuat keramik bisa menghindarkan pikiran-pikiran pemicu stres.

Dengan begitu pikiran bisa kembali dibersihkan dan menjadi lebih segar setelah melakukan aktivitas ini. Selain itu, kegiatan pottery juga bisa dilakukan bersama dengan anak-anak yang tentunya jadi lebih menyenangkan dan membantu mengurangi stres.

Meningkatkan kualitas hidup

Segala sesuatu yang berkaitan dengan seni ternyata baik dalam hal meningkatkan kualitas hidup. Seni adalah sarana mengekspresikan diri, sehingga kegiatan berseni tentu cocok digunakan untuk mengenal diri sendiri dan pikiran.

Dengan menciptakan kreasi baru, seni baru, belajar teknik baru, dan menyelesaikan produk yang dibuat akan membantu meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas.

Menumbuhkan kreativitas

Hobi seperti membuat sesuatu tentu membutuhkan proses kreativitas tinggi. Sama halnya dengan kegiatan pottery. Membuat keramik membutuhkan kreativitas tinggi terutama dalam menghasilkan produk keramik unik dan sesuai dengan yang diinginkan.

Selain itu, kegiatan ini juga perlahan bisa menumbuhkan kreativitas untuk menciptakan produk keramik baru yang out of the box.

Itulah tadi beragam manfaat melakukan aktivitas pottery atau membuat keramik yang ternyata sangat membantu meningkatkan kesehatan mental dan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia