Cek Perbankan yang Tarik Biaya Kartu Kredit Tertinggi



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Perbankan makin ramai mengembangkan produk kartu kreditnya. Sampai pertengahan tahun 2024 ini setidaknya sejumlah bank telah meluncurkan jenis produk kartu kredit baru.

Ambil contoh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang Juni lalu telah meluncurkan Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium yang menyasar generasi Z, untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup anak muda yang gemar traveling, shopping, dan dining.

Selain ada itu PT Bank Mandiri Tbk yang juga baru saja merilis Kartu Kredit Mandiri Lippo Card pada 25 Juli 2024. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman berbelanja di jaringan Lippo Malls di seluruh Indonesia.


Baca Juga: Bank Ramai Lakukan Inovasi Kartu Kredit, Cek Bank yang Kenakan Biaya Tertinggi

Dengan berbagai inovasi produk kartu kredit perbankan tersebut, semakin menambah jumlah kartu kredit yang diterbitkan berserta keunggulannya masing-masing. 

Namun perlu diketahui bank tentu saja mengenakan biaya tahunan atau annual fee kepada pengguna kartu kredit mereka. Setiap biaya tersebut berbeda pada setiap tipe kartu kredit.

Berdasarkan riset Kontan, biaya tahunan kartu kredit Utama bank yang tertinggi berasal dari BCA, dengan produk kartu kreditnya BCA American Express Platinum dengan annual fee Rp 12 juta.

Info Biaya Tahunan Kartu Kredit berdasarkan Website Masing-Masing Bank.png  

Jika dilihat dari jenis produk kartu, BCA telah merilis sebanyak 12 tipe kartu kredit dengan biaya tahunan yang berbeda berdasarkan tipe kartu, dengan rentan biaya mulai dari Rp 125.000 sampai Rp 12 juta.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F Haryn mengatakan, bank memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah pengguna kartu kredit BCA. 

Baca Juga: Bakal Ada Kejutan Baru dari Kartu Kredit BRI, Cek Sederet Manfaatnya!

Salah satunya melalui fitur instant cash atau penarikan dana tunai menggunakan limit kartu kredit. Berbagai keunggulan lainnya adalah fitur cicilan 0% serta akses yang mudah mengubah transaksi menjadi cicilan melalui mobile banking myBCA. 

“Transaksi Kartu Kredit BCA di merchant melalui mesin EDC kini juga menjadi lebih cepat dan mudah dengan hadirnya fitur Contactless,” ungkap Hera.

Sementara itu Bank Negara Indonesia (BNI) tercatat paling banyak menerbitkan tipe kartu kredit, yakni sebanyak 30 tipe dengan annual fee yang berbeda tiap tipenya, mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 1 juta.

Sedangkan untuk suku bunga kartu kredit mengacu pada ketentuan regulator sebesar 1,75% per bulannya.

“Saat ini BNI telah menerbitkan sekitar 7 besaran tipe kartu, yang terdiri dari kartu kredit reguler, kartu kredit premium, kartu kredit co-branding, kartu kredit affinity, kartu kredit corporate, kartu kredit private label dan kartu tunai, dengan lebih dari 30 type kartu,” ungkap General Manager Divisi Bisnis Kartu BNI Grace Situmeang kepada Kontan. 

Baca Juga: Mau Punya Kartu Kredit? Perhatikan Hal Berikut Ini

Adapun total kartu kredit BNI yang beredar saat ini sekitar 1,6 juta kartu.

Labih lanjut, Grace menjelaskan keunggulan produk kartu kredit BNI, yakni selain akses transaksi yang dapat dilakukan di seluruh dunia, layanan 24 Jam BNI Call, dan BNI Reward Poin di setiap transaksi.

Setiap jenis kartu kredit memiliki benefit fiture yang menarik, antara lain Extra Miles, untuk transaksi dengan Kartu kredit BNI Garuda, Best price for airline ticket untuk transaksi dengan Kartu kredit BNI Mastercard World, Bonus double mapun triple  BNI Reward Point , Asuransi Perjalanan, maupun previlage dari fiture – fiture lainnya, untuk kartu-kartu premium, serta benefit yang ada di program-program promo di merchant-merchant terpilih. 

BNI kartu kredit juga mempunyai fitur Installment yang memberikan kemudahan pembayaran kartu dengan cicilan bunga ringan, serta Loan On Phone yang memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan dana tunai pemegang kartu.

“Fee base kartu kredit diperoleh dari volume dan nilai transaksi pemegang kartu, dengan jumlah pemegang kartu saat ini BNI kartu kredit mampu berkontribusi sekitar 10%  dari fee base bank,” ungkap Grace.

Di sisi lain, dalam pengamatan Kontan melalui website perseroan, hanya Panin Bank yang tidak mengenakan annual fee pada pengguna kartu kreditnya, alias Gratis pada semua jenis tipe kartu kredit. Adapun bank lainnya, rata-rata mengenakan annual fee minimal dari Rp 125.000 per tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli