Cek Rekomendasi Saham Pilihan untuk Perdagangan Pekan Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan memulai perdagangan pada Senin (14/10) di 7.520,60. Level ini diraih usai IHSG menguat 0,54% atau 40,52 poin pada penutupan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (11/10).

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas (IPOT) Dimas Krisna Ramadhani menyarankan para trader untuk memantau tiga sentimen yang berpotensi mempengaruhi market pada pekan ini, yaitu Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI), rilis penjualan ritel bulanan Amerika Serikat dan aliran dana asing ke IHSG.

"Pada Rabu nanti Bank Indonesia akan mengumumkan tingkat suku bunga acuan dan berdasarkan konsensus, BI diperkirakan akan menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin ke level 5,75%," ujar Dimas dalam risetnya, Minggu (13/10).


Kemudian, sentimen penjualan ritel bulanan AS September, akan menggambarkan data soal daya beli masyarakat di AS dan menjadi perhatian bagi pelaku pasar seiring dengan kekhawatiran terhadap perlambatan kondisi ekonomi di AS.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Emiten Poultry di Tengah Pemulihan Harga Ayam

Lebih lanjut, sentimen aliran dana asing ke IHSG, dimana sepanjang pekan lalu investor asing mencatatkan outflow dari IHSG sebesar Rp 2,3 triliun di pasar regular. 

Nominal ini menurun dibandingkan periode yang sama pada pekan sebelumnya yang mencatatkan outflow sebesar Rp 4,5 triliun di pasar regular.

Berikut rekomendasi saham pilihan IPOT untuk perdagangan pekan ini, antara lain:

1. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR)

Emiten ini breakout resistance disertai dengan lonjakan volume dow theory dimana volume mengonfirmasi trend atau harga sahamnya serta sentimen potensi penurunan suku bunga di Rabu nanti mendorong permintaan semen. Apabila berhasil bertahan di atas 4.200 maka SMGR mengalami perubahan tren jangka pendek dari sideways menjadi uptrend.

Rekomendasi: Buy on breakout Support: Rp 4.210 Resistance: Rp 4.570

Baca Juga: Rekomendasi Saham JPFA, MAIN, CPIN yang Mendapat Angin dari Penurunan Biaya Pakan

2. PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (ISAT

Sentimen aksi korporasi Stock Split ISAT berpotensi  membuat emiten ini mengalami kenaikan setelah ex-date-nya. Selain itu, emiten ini berada di area support sehingga memiliki risk to reward yang menarik.

Rekomendasi: Buy on pullback Support: Rp 2.400 Resistance: Rp 2.700

3. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE

Emiten ini tertopang sentimen rencana penghapusan pajak properti dan penurunan suku bunga acuan BI pada Rabu nanti. Rebound dari area support disertai dengan lonjakan volume, BSDE berpotensi untuk melanjutkan penguatan.

Rekomendasi: Buy on breakout Support: Rp 1.215 Resistance: Rp 1.430

Selanjutnya: Intip 10 Bandara Terbesar di Asia, Bandara Arab Saudi Juaranya

Menarik Dibaca: Cara Agar Kolong Mobil Tidak Cepat Berkarat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi