Cerita Pemilik Bittersweet by Najla Promosi Produk di Shopee



MOMSMONEY.ID - Mengawali usaha tak hanya sekedar bermodalkan uang dan inovasi produk saja, melainkan pelaku usaha harus adaptasi dan melek teknologi. Hal ini yang dilihat Ala Bisyir, sosok dibalik Bittersweet by Najla.

Bagi Ala, teknologi tidak hanya menjadi kunci sukses untuk kemajuan bisnis dessert box nya, tetapi telah membawa pengaruh besar dalam perjalanan nya untuk menggali potensi diri. Berkat kegigihannya untuk terus belajar dan beradaptasi dalam mengoptimalkan fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video, Ala saat ini telah berhasil memiliki mendapatkan komisi yang fantastis, gabungan dari kedua fitur tersebut.

Ala Bisyir, Shopee Affiliate & Pemilik Bittersweet By Najla mengatakan, dengan memanfaatkan kedua fitur interaktif dari Shopee, yaitu Shopee Live dan Shopee Video, dampak yang dirasakan mulai dari kesempatan untuk menggali potensi diri, perkembangan usaha brand dan tentu adanya tambahan penghasilan.


Lingkup ku semakin luas, tidak hanya dikenal sebagai pemilik dari Bittersweet By Najla, tetapi juga Ala Bisyir, sebagai konten kreator atau Shopee Affiliate. Pengaruh signifikan dari kedua fitur ini betul-betul terasa, dimana pada puncak kampanye 9.9 kemarin aku berhasil menjual puluhan ribu produk. Ini mencatatkan peningkatan pesanan yang signifikan lebih dari 100 kali lipat dibandingkan hari biasa,'' kata Ala dalam keterangan resminya.

Perjalanan Ala bergabung dengan program Shopee Affiliate diawali dengan banyaknya permintaan dari followers nya di media sosial untuk spill produk yang digunakan, mulai dari cooking ware, home & living, skincare, fashion dan berbagai produk lainnya.

Baca Juga: Kisah Pengusaha Batik Tembus Pasar Global Lewat E-commerce

Ala pun menyadari bahwa keisengan tersebut membuahkan hasil yang menguntungkan, khususnya melalui komisi dari program Shopee Affiliate. Tidak hanya pendapatan tambahan, keuntungan juga dirasakan dalam aspek seperti hadirnya peluang-peluang baru, salah satunya bagaimana Ala berhasil mendapatkan golden tick di akun ALABISYIR. 

“Sebagai pelaku usaha lokal, sejak awal aku melihat potensi besar yang ditawarkan oleh fitur-fitur interaktif di Shopee, khususnya untuk perkembangan bisnis aku. Bagaimana fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video bisa memberikan kesempatan untuk lebih dekat dengan konsumen, seperti menunjukan produk-produk Bittersweet by Najla dengan interaksi langsung ataupun menciptakan suasana seru saat berbelanja,” ungkap Ala.

Bagi masyarakat, nama Bittersweet by Najla sendiri tentu sudah tidak asing lagi. Brand ini terkenal dengan produk dessert box nya yang viral. Hadirnya produk unik ini didasari oleh masalah yang kerap dihadapi oleh Ala, dimana seringkali ia membeli cake slices dan saat disimpan di kulkas bentuknya berubah.

Ala pun mencari solusi dan berkreasi untuk menciptakan sebuah produk, yaitu dessert box. Bittersweet by Najla sudah lebih dulu bergabung bersama Shopee dan mengepakan sayapnya dengan mengoptimalkan program dan fitur yang dihadirkan.

Melihat hasil nyata, akhirnya Ala tergerak dan memberanikan diri untuk mempelajari dan menggali lebih dalam akan bagaimana Shopee Live dan Shopee Video juga dapat membawa pengaruh signifikan terhadap personal branding nya melalui akun ALABISYIR. 

“Aku sadar, bahwa sebagai sosok dibalik Bittersweet by Najla, ALABISYIR juga dapat ikut berkembang bersama. Sehingga, aku tergerak dan terus belajar memahami tren mengenai Shopee dan fitur-fitur yang ditawarkan. Nyatanya, banyak sekali hal-hal yang dapat membantu aku menggali potensi diri ku,” lanjut Ala.

Baca Juga: Promo Guardian Periode 3-16 Oktober 2024, Tambah Rp 1.000 Dapat 2 Foundation Hanasui

Nah, bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya terutama memasarkan lebih luas melalui Shopee, berikut tips Ala untuk membuat konten digitalnya.

  1. Up-to-date dengan tren saat ini 
Bagi Ala, memahami tren yang sedang berlangsung merupakan langkah untuk bertahan di tengah era digital saat ini. Mulai dari bagaimana ia menghadirkan produk dessertnya yang juga menjadi solusi, hingga beradaptasi dengan strategi pemasaran yang baru.

Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan perilaku belanja masyarakat yang terus bergerak, mengikuti kemajuan teknologi. Ala biasanya melakukan riset, mulai dari produk-produk apa saja yang sedang tren dan dapat memberikan manfaat dalam keseharian hingga tema atau keseruan apa sih yang lagi berlangsung di dunia live streaming.

Dengan menggabungkan kedua hal itu, Ala dapat mencari peluang yang ada dan terus meningkatkan daya tarik audiens terhadap video ataupun sesi Shopee Live nya. Salah satu konsep yang sering diangkat adalah, bagaimana sih bisa tetap keren pake barang dengan harga yang bersahabat. 

  1. Kenali audiens mu! 
Mengenali audiens merupakan salah satu kunci penting. Hal ini meliputi, mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan dan dicari oleh audiens saat mengikuti sesi live stream.

Promo dan penawaran harga menarik memang menjadi daya tarik utama, tetapi terdapat aspek-aspek lain juga yang dapat tidak hanya membuat penonton tertarik, tetapi juga bertahan menonton dan berbelanja. Untuk di Shopee Video, audiens Ala sendiri lebih cenderung menyukai video singkat, yang langsung memutarkan apa kelebihan sebuah produk yang aku tampilkan.

Sedangkan dalam sesi live streaming di Shopee Live, sering kali Ala menyapa penontonnya dengan bertanya tentang diri mereka, produk seperti varian A atau B yang lebih disukai atau mengadakan sebuah challenge dengan fitur ‘tangan tercepat’ yang ada di Shopee Live. Interaksi dan respon cepat tersebut menjadi sangat penting untuk menjaga traffic penonton agar tetap stabil.

Selain itu, jadwal sesi Shopee Live yang jelas juga penting untuk membangun loyalitas untuk menjaga engagement. Akun ALABISYIR sendiri rutin mengadakan sesi live streaming di Shopee Live, setiap hari.

  1. Rencanakan konsep sesi live stream dan konsep konten video 
Semua konten yang dihadirkan dan sesi live stream yang berjalan, diawali dengan konsep matang yang sudah direncanakan oleh Ala dan tim nya. Untuk Shopee Live, persiapan diawali dengan, bagaimana Ala sebagai penjual harus mengkurasi dan memilih apa-apa saja produk yang ditampilkan dan bagaimana merencanakan alur acara, termasuk tema.

Persiapan ini juga meliputi, promo-promo apa saja yang akan dilakukan sebelum sesi dan saat sesi berlangsung. Tidak lupa untuk memastikan segala perangkat pendukung agar berjalan dan berfungsi dengan baik. 

Sedangkan untuk konten-konten Shopee Video, setelah mengetahui tren yang sedang digemari audiens, produk akan dipilih dan melakukan rekaman. Kualitas video pun menjadi perhatian utama, maka dari itu proses rekaman dan editing merupakan langkah penting, saat membuat konten untuk Shopee Video.

Baca Juga: Promo HUT Mandiri 1-31 Oktober 2024, Trans Studio & Trans Snow World Banyak Diskon

Selanjutnya: Bursa Korea Selatan Naik 1,5%, Didukung Data AS yang Menguatkan Selera Risiko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani