Chandra Asri Group Meraih Penghargaan atas Kontribusi pada Bidang Pendidikan



KONTAN.CO.ID -  PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), Perusahaan solusi kimia dan infrastruktur terkemuka di Indonesia, meraih penghargaan dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian dalam kategori “Industri yang berperan dalam pembangunan pendidikan dan pelatihan vokasi” dalam ajang Industrial Education and Training Expo (IDUTEX) 2024 di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta pada Senin (07/10).

 Penghargaan ini menyoroti dedikasi Chandra Asri Group dalam mempersiapkan pengembangan bakat dan pemberdayaan individu melalui pendidikan dengan kolaborasi Bersama Politeknik Industri Petrokimia Banten (PIPB) di Banten, guna memastikan kesiapan mereka pada dunia kerja industri. Selain itu, Chandra Asri Group rutin mensponsori beasiswa D1 P3TIK (Program Pendidikan & Pelatihan Teknisi Industri Kimia) AMC/CMA yang ditunjukan untuk mengatasi isu sosial pendidikan di sekitar perusahaan.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya mengatakan “IDUTEX 2024 ini merupakan sebuah kesempatan yang baik bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mengetahui bagaimana pendidikan dan pelatihan vokasi dapat berperan signifikan dalam pengembangan industri melalui penyediaan tenaga kerja yang kompeten dan inovatif."


Indonesia memiliki peluang besar dalam pengembangan SDM karena sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dan terbesar di ASEAN, dengan persentase bonus demografi usia muda yang dimiliki mencapai 67,5 persen dari total penduduk sebesar 281,6 juta jiwa.

Penyelenggaraan pendidikan vokasi dan pelatihan di lingkungan Kemenperin sepenuhnya telah berjalan selaras dan terkoordinasi dengan dunia industri, mulai dari perencanaan kurikulum, pelaksanaan pendidikan, pelatihan, hingga penempatan kerja dari para lulusan.

Industrial Education & Training Expo (IDUTEX 2024) merupakan kegiatan pameran dan seminar yang berfokus pada pendidikan dan pelatihan siswa maupun mahasiswa di sektor industri. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan menjadi platform bagi perusahaan-perusahaan industri, guna menunjukkan inisiatif dan kolaborasi dalam mengembangkan tenaga kerja yang siap menghadapi tantangan era digital.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Masrokhan menyatakan “Kegiatan IDUTEX tahun ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait program-program pengembangan SDM. Kementerian Perindustrian melakukan pemetaan, verifikasi, dan penilaian terhadap perusahaan-perusahaan industri yang berperan dalam program pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia, serta memberikan apresiasi dan penghargaan kepada industri yang telah mendukung Pendidikan dan Pelatihan vokasi.”

“Kami berkomitmen agar program yang telah dirintis bersama dapat menjadi parameter, supaya terus ditingkatkan dan dikembangkan agar memberikan manfaat yang lebih luas bagi industri,” tutup Masrokhan.

Kegiatan IDUTEX 2024 berlangsung pada 07 - 09 Oktober 2024, dengan rangkaian acara meliputi pameran produk, pameran pendidikan, penghargaan (awarding), seminar dan talkshow, penandatanganan MoU, job fair, business matching, serta coaching clinic, sehingga membantu pelaku industri mendapatkan SDM sesuai kriteria.

Sejalan dengan inisiatif pemerintah melalui program Making Indonesia 4.0, yang bertujuan mentransformasi sektor industri nasional melalui adopsi teknologi digital dan otomatisasi, penghargaan ini menjadi bukti komitmen Chandra Asri Group, baik dalam proses produksinya maupun dalam pengembangan tenaga kerja yang lebih inovatif, kompetitif, dan siap menghadapi tantangan global di masa depan.

Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri Group, Edi Rivai mengatakan, “Mewakili Chandra Asri Group kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian. Kami berharap kemitraan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak dan memberi semangat kepada anak muda terutama di Banten untuk terus mencetak prestasi, sehingga akan dapat mendorong pertumbuhan industri petrokimia nasional.”

“Chandra Asri Group selalu berkomitmen untuk menjadi Mitra Pertumbuhan bagi pemerintah maupun masyarakat di mana kami beroperasi. Kontribusi Perusahaan dalam pembangunan Politeknik Industri Petrokimia Banten (PIPB) merupakan wujud komitmen kami dalam mencetak generasi muda yang mumpuni di industri petrokimia dengan memfasilitasi kesempatan mendapatkan Pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan serta mendukung penyerapan tenaga kerja lokal Banten agar lebih maksimal,” tutup Edi.

Sejak tahun 1998 hingga saat ini, Chandra Asri secara rutin menjadi sponsor beasiswa pendidikan jenjang D1 P3TIK AMC/CMA. Hingga saat ini sudah terdapat 139 orang penerima manfaat yang menjalani pendidikan selama satu tahun dengan biaya pendidikan penuh hingga lulus. Program ini bertujuan mengatasi isu sosial terkait pendidikan di desa/kelurahan sekitar perusahaan. Saat ini, proses pendaftaran P3TIK AMC/CMA untuk tahun ajaran 2025 sedang berlangsung hingga 28 September 2024, dengan seleksi diperkirakan selesai pada Desember 2024.

Tentang Chandra Asri Group

Chandra Asri Group adalah perusahaan solusi kimia dan infrastruktur terkemuka di Indonesia, menyediakan produk dan layanan untuk berbagai industri manufaktur di pasar domestik dan internasional. Dengan sejarah selama 31 tahun dan lebih dari 2.200 karyawan yang berdedikasi, perusahaan ini mengintegrasikan teknologi terkini dan fasilitas pendukung yang terletak secara strategis di pusat-pusat petrokimia dan industri di Cilegon dan Serang.

Chandra Asri Group mengoperasikan satu-satunya naphtha cracker di Indonesia yang memproduksi olefin (Ethylene, Propylene), Polyolefin (Polyethylene, Polypropylene), Pygas, dan Mixed-C4, serta merupakan satu-satunya produsen domestik Styrene Monomer, Ethylene, Butadiene, MTBE, dan Butene, dengan pengembangan pabrik Chlor Alkali – Ethylene Dichloride berskala dunia yang tengah dilakukan. Bisnis kimia Chandra Asri Group didukung oleh aset infrastruktur inti yang mencakup fasilitas energi, listrik, air, dermaga, dan tangki penyimpanan strategis.

Baca Juga: Chandra Asri Group Raih Pinjaman Sindikasi Berkelanjutan Sebesar USD 800 Juta

Selanjutnya: Serangan Israel di Gaza Menewaskan Lebih dari 42.000 Warga Palestina

Menarik Dibaca: Mau Investasi di Reksadana, BNI AM Gandeng BTPN untuk Pemasaran Reksadana Indeks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti