Chandra Asri Grup Raih Peningkatan ESG Rating dari MSCI & Morningstar Sustainalytics



KONTAN.CO.ID - PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), penyedia solusi energi, kimia, dan infrastruktur di kawasan Asia Tenggara, mengumumkan peningkatan peringkat signifikan Environment, Social, dan Governance (ESG) Rating dari dua lembaga internasional Morgan Stanley Capital International (MSCI) dan Morningstar Sustainalytics terhadap komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan standar ESG, serta penghargaan atas pelaporan kinerja, komitmen, dan strategi keberlanjutan perusahaaan.

Chandra Asri Group memperoleh peningkatan skor ESG MSCI yang semakin memperkuat posisi Perusaaan di peringkat BBB. Selain itu, ESG Risk Rating Chandra Asri Group dari Morningstar Sustainalytics juga menunjukkan perbaikan dengan penurunan resiko dari 16,6 menjadi 16,3, di mana nilai yang lebih rendah menunjukkan kinerja ESG yang lebih baik. Hasil ini juga sekaligus mempertahankan posisi Chandra Asri Group pada kategori Perusahaan Top Rated ESG secara global pada industri komoditas kimia.

Head of ESG & Sustanability Chandra Asri Group, Andang Pungkase mengatakan, “Kami bangga dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja keberlanjutan kami, yang dibuktikan dengan peningkatan Rating ESG baik dari MSCI maupun Sustainalytics. Peningkatan ini merupakan hasil dari upaya berkelanjutan Chandra Asri Group dalam mengelola dampak lingkungan dan sosial secara proaktif serta menerapkan tata kelola yang transparan dan akuntabel.


Melalui pencapaian ini, kami juga melihat peluang yang lebih besar untuk mendapatkan akses ke berbagai pembiayaan berkelanjutan, termasuk Sustainability-Linked Loans (SLL), dan memperluas kontribusi kami terhadap agenda ekonomi sirkular serta pencapaian target iklim nasional.”

MSCI sendiri merupakan lembaga pemeringkat ESG terkemuka global yang diakui oleh lembaga investasi di seluruh dunia. Penilaian ESG MSCI mengukur pengelolaan risiko dan peluang ESG ribuan perusahaan dari berbagai industri di seluruh dunia.

Sementara, Morningstar Sustainalytics adalah salah satu lembaga terkemuka pemeringkatan ESG yang berpengalaman untuk memberikan solusi inovatif yang memungkinkan lembaga-lembaga investor terkemuka di dunia untuk mengidentifikasi, memahami, dan mengelola risiko dan peluang yang didorong oleh ESG.

“Kedepan, kami terus berupaya mencari peluang untuk berinovasi dalam penggunaan energi yang lebih efisien, mendorong praktik ekonomi sirkular untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya dan pengelolaan limbah, serta memperkuat rantai pasokan yang berkelanjutan. Kami juga berkomitmen terhadap pengembangan karyawan, keterlibatan masyarakat, serta menjaga standar kepatuhan tertinggi di semua aspek operasional perusahaan,” Andang Pungkase menambahkan.

Selain pencapaian ESG tersebut, Chandra Asri Group juga berhasil mempertahankan sertifikasi International Sustainability & Carbon Certification (ISCC) untuk tahun kedua berturut-turut. Sertifikasi ini mengakui fasilitas kami yang telah memenuhi standar global untuk memproduksi produk ramah lingkungan dari bio-feedstock, termasuk Bio-Propylene, Bio-Ethylene, Bio-Crude C4, dan Bio-Pygas. Sertifikasi ISCC ini membuka pintu dalam upaya transisi Chandra Asri Group menuju pemanfaatan bahan baku alternatif yang lebih berkelanjutan.

Tentang Chandra Asri Group

Chandra Asri Group adalah penyedia solusi energi, kimia, dan infrastruktur terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan produk dan layanan untuk berbagai industri manufaktur di pasar domestik dan internasional. Dengan sejarah selama 31 tahun dan lebih dari 2.200 karyawan yang berdedikasi, perusahaan ini mengintegrasikan teknologi terkini dan fasilitas pendukung yang terletak secara strategis di pusat-pusat petrokimia dan industri di Cilegon dan Serang.

Chandra Asri Group mengoperasikan satu-satunya naphtha cracker di Indonesia yang memproduksi olefin (Ethylene, Propylene), Polyolefin (Polyethylene, Polypropylene), Pygas, dan Mixed-C4, serta merupakan satu-satunya produsen domestik Styrene Monomer, Ethylene, Butadiene, MTBE, dan Butene, dengan pengembangan pabrik Chlor Alkali – Ethylene Dichloride berskala dunia yang tengah dilakukan. Bisnis kimia Chandra Asri Group didukung oleh aset infrastruktur inti yang mencakup fasilitas energi, listrik, air, dermaga, dan tangki penyimpanan strategis.

Baca Juga: Chandra Asri Group Meraih Penghargaan atas Kontribusi pada Bidang Pendidikan

Selanjutnya: Ditunjuk Jadi Menteri UMKM, Begini Pesan Prabowo Ke Maman Abdurrahman

Menarik Dibaca: Tips Agar Baterai iPhone Tahan Lebih Lama, Gunakan 2 Cara Mudah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti