KONTAN.CO.ID - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri), perusahaan kimia terdepan dan solusi infrastruktur di Indonesia, hari ini, Kamis (23/11) meluncurkan kampanye #IndonesiaAsri dimana perusahaan hadir memberikan ruang bagi setiap generasi untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Komitmen tersebut merupakan inisiatif perusahaan dengan membangun cara pandang masyarakat agar memiliki wawasan tentang lingkungan yang berkelanjutan selaras dengan poin-poin dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Kampanye ini bertujuan menginspirasi seluruh pemangku kepentingan agar bersama-sama mewujudkan Indonesia yang lebih asri dalam setiap lini kehidupan agar kelak kita dapat memberikan warisan berharga bagi generasi mendatang. Pada peluncuran kampanye #IndonesiaAsri, Chandra Asri mengajak sejumlah pihak yang memiliki perhatian lebih terhadap sustainable living untuk berbagi wawasan dan pengalamannya dalam berkontribusi untuk lingkungan dan masyarakat, diantaranya Mohammad Naufal - Sustainability Engineer & Founder Carbon Addons, Vania Herlambang - SDG Ambassador 2019-2021 & Putri Indonesia Lingkungan 2018, dan Nada Arini - Ecopreneur & Co-Founder Sustainable Indonesia, termasuk perwakilan mahasiswa, komunitas, sekaligus para Warga Asri, yakni mereka yang telah tergabung sebagai volunteer #IndonesiaAsri.
Melalui inisiasi #IndonesiaAsri diharapkan setiap generasi memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan menerapkan konsep lingkungan yang berkelanjutan sehingga dapat melakukan mitigasi dari berbagai risiko dengan memberikan nilai bagi masyarakat dan lingkungan. Director of Human Resources & Corporate Affairs Chandra Asri, Suryandi, mengatakan bahwa kampanye ini merupakan andil perusahaan untuk berkontribusi pada penyelesaian permasalahan lingkungan dengan proaktif dan kolaboratif melibatkan seluruh lintas generasi untuk bertumbuh bersama menginspirasi terciptanya perubahan positif di lingkungan mereka. “Sebagai mitra pertumbuhan, perusahaan menghadirkan kampanye #IndonesiaAsri dengan harapan menjadi wadah partisipasi bagi setiap generasi melakukan perubahan positif yang berdampak terhadap masa depan yang lebih baik. Dengan demikian, kampanye ini menekankan aspek edukasi dengan beragam pengetahuan baru yang dapat mendukung mereka menerapkan standar hidup berkelanjutan mulai dari perilaku sehari-hari,” ujar Suryandi saat peluncuran Kampanye #IndonesiaAsri di Jakarta. Head of Corporate Communication Chandra Asri, Chrysanthi Tarigan, mengungkapkan kampanye #IndonesiaAsri berfokus pada tiga pendekatan, yaitu edukasi tentang pentingnya pengelolaan sampah berkelanjutan, inisiatif pengurangan jejak karbon dalam setiap lini kehidupan serta aksi nyata untuk mengajak masyarakat aktif menjalankan perubahan positif bagi lingkungan, mulai dari langkah terkecil. "Kami berharap #IndonesiaAsri dapat menjadi wadah aspirasi dan kebutuhan dari setiap generasi untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dengan inisiatif yang dilakukan oleh setiap individu di Indonesia. Salah satu upaya kami untuk memberikan edukasi adalah menghadirkan microsite #IndonesiaAsri (https://indonesiaasri.com/) sebagai pusat informasi dan gerakan untuk aksi nyata yang dapat diakses masyarakat luas dalam upaya meningkatkan pemahaman kita semua tentang gaya hidup berkelanjutan,” ungkapnya. Microsite #IndonesiaAsri ini akan menyediakan akses yang mudah terkait konten edukasi dan inspirasi soal sustainable living, sehingga mendorong masyarakat untuk memulai perubahan melalui tindakan nyata, salah satunya adalah tantangan #AksiAsri365. Program ini berisi tantangan harian selama satu tahun kedepan yang bertujuan untuk melakukan pola hidup sehari-hari yang berfokus kepada aspek-aspek baik terhadap lingkungan, dengan pendekatan yang mudah namun memberikan dampak positif jangka panjang. Untuk mengikuti #AksiAsri365, setiap individu dapat mendaftar dengan membuat akun sebagai ‘Warga Asri’ dan melengkapi identitas pribadi untuk bergabung dalam tantangan tersebut. Selanjutnya mereka akan diberikan pengingat harian seputar aktivitas apa saja yang harus dilakukan dan manfaat yang dapat diberikan kepada lingkungan. Nantinya mereka yang mengikuti tantangan tersebut berhak mendapatkan poin dari aktivitas yang dilakukan setiap harinya serta berhak memperoleh hadiah menarik dari #IndonesiaAsri. Chrysanthi melanjutkan bahwa dengan bergabung dan melakukan berbagai tantangan yang diberikan, Warga Asri turut menjadi penggerak perubahan yang berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan. Harapannya dengan pendekatan yang edukatif dan menyenangkan ini, ketertarikan masyarakat pun akan meningkat dan menularkannya kepada generasi lainnya sehingga pola pikir dan perilaku ini akan menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi. “Kami menilai perubahan bagi lingkungan perlu didukung oleh kesadaran dan tindakan kolektif yang lebih besar dari setiap generasi. Dengan demikian, dibutuhkan individu yang semakin kuat memahami dan mempraktikkan keberlanjutan dengan baik untuk diterapkan dalam aktivitas sehari-hari sehingga secara perlahan perubahan positif ini akan berdampak terhadap Indonesia yang lebih baik lagi kedepannya, yaitu #IndonesiaAsri,” pungkas Chrysanthi. Tentang Chandra Asri Chandra Asri adalah perusahaan kimia terdepan dan solusi infrastruktur di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 31 tahun sebagai perusahaan petrokimia. Perusahaan mempekerjakan lebih dari 2.000 staf yang berdedikasi, menggabungkan teknologi canggih dan fasilitas pendukung yang berlokasi strategis di pusat industri Cilegon dan Serang. Sebagai Mitra Pertumbuhan, Chandra Asri berkomitmen untuk menciptakan lapangan kerja bernilai tinggi, memperluas rantai nilai kimia domestik, memberikan solusi infrastruktur serta melayani kebutuhan pasar Indonesia yang dinamis dan terus berkembang. Chandra Asri saat ini memperluas portofolio investasinya di sektor energi dan menggabungkan aset serta infrastruktur operasionalnya untuk mendukung rencana perluasan kompleks petrokimia terintegrasi skala dunia kedua di Indonesia, CAP2.
Tentang Kampanye Indonesia Asri Kampanye #IndonesiaAsri adalah inisiatif Chandra Asri dalam mendorong perubahan positif menuju kehidupan yang berkelanjutan. Inisiasi ini didedikasikan untuk menciptakan Indonesia yang lebih asri dan Indonesia yang berwawasan lingkungan berkelanjutan sebagai warisan berharga bagi generasi mendatang. Kampanye ini menekankan edukasi sebagai kunci utama untuk membentuk kesadaran dan tindakan positif setiap generasi dan mendorong kolaborasi aktif guna merangkul semua pemangku kepentingan dalam mencapai perubahan yang berkelanjutan.
Baca Juga: Chandra Asri (TPIA) Diversifikasi Bisnis, Termasuk ke Infrastruktur & Energi Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti