Chandra Asri Pacific (TPIA) Harap Akuisisi SECP Segera Tuntas



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) segera menyelesaikan proses akuisisi Shell Energy and Chemicals Park (SECP) yang terletak di Singapura. 

Aksi korporasi yang dilakukan bersama Glencore Plc ini sedang menunggu persetujuan dari pihak regulator, yang diharapkan akan rampung pada akhir tahun 2024.

Direktur Utama dan CEO Chandra Asri Group, Erwin Ciputra, mengungkapkan bahwa akuisisi SECP sejalan dengan strategi pertumbuhan TPIA untuk menjadi pemain global. 


Sebagai bagian dari Grup Barito milik taipan Prajogo Pangestu, perusahaan ini berpotensi memperluas bisnis di sektor energi, kimia, dan infrastruktur hingga ke pasar internasional.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Chandra Asri (TPIA) yang Segera Tuntaskan Akuisisi Shell Energy

Erwin menegaskan bahwa akuisisi SECP tidak hanya akan memberikan kontribusi bagi TPIA, tetapi juga mendukung pengembangan industri di Indonesia. 

 
TPIA Chart by TradingView

Dengan memanfaatkan SECP, yang merupakan salah satu kilang minyak dan pusat perdagangan terbesar di dunia, TPIA akan mampu menyediakan berbagai produk petroleum, termasuk bensin, bahan bakar jet, gas oil, dan bitumen, untuk mendukung berbagai industri.

Selain itu, TPIA akan berperan dalam mengatasi kekurangan pasokan produk kimia, seperti mono ethylene glycol (MEG), polyol, serta ethylene, propylene, dan styrene monomers, yang sangat penting untuk proses manufaktur di Indonesia. 

"Langkah akuisisi aset SECP merupakan salah satu kontribusi kami terhadap pengembangan industri lokal," ujar Erwin pada Jumat (4/10).

Baca Juga: Saham-Saham Big Cap Ini Menguat Saat IHSG Stabil, Kamis (26/9)

Editor: Noverius Laoli