Chandra Asri (TPIA) Terbitkan Obligasi, Incar Dana Segar Hingga Rp 2 Triliun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) akan melakukan penawaran umum Obligasi Berkelanjutan IV Chandra Asri Petrochemical Tahap I Tahun 2022, dengan target dana sebesar Rp 2 triliun.

Adapun penerbitan surat utang tersebut merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan IV Chandra Asri Petrochemical dengan target dana yang akan dihimpun sebanyak-banyaknya mencapai Rp 8 triliun.

Mengutip prospektus, obligasi yang diterbitkan emiten produsen bahan petrokimia ini akan terdiri dari tiga seri. Pertama, Seri A dengan tenor 5 tahun.

Kedua, Seri B yang akan memiliki tenor 7 tahun. Ketiga, Seri C yang akan jatuh tempo 10 tahun.

Baca Juga: Melemah 10,51% Sebulan, Begini Rekomendasi Saham Chandra Asri (TPIA)

Namun Chandra Asri belum merinci besaran nilai pokok dan besaran tingkat bunga pada masing-masing seri tersebut dalam prospektusnya, tapi pembayaran bunga Obligasi dibayarkan setiap tiga bulan sejak tanggal emisi.

Pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 9 November 2022. Sedangkan, pembayaran bunga terakhir sekaligus jatuh tempo pada Obligasi Seri A jatuh pada 9 Agustus 2027.

Lalu, jatuh tempo dan pembayaran bunga untuk Obligasi Seri B pada Agustus 2029. Sementara, Obligasi Seri C pada 9 Agustus 2032. Masing-masing pelunasan akan dibayar secara penuh pada saat jatuh tempo.

 
TPIA Chart by TradingView

"Seluruh dana hasil penawaran obligasi setelah dikurangi berbagai komisi, biaya dan pengeluaran akan digunakan sebagai modal kerja, termasuk pembelian bahan baku produksi dan biaya operasional untuk kegiatan usaha," tulis manajemen TPIA.

Emiten Grup Barito ini menggandeng BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas dan DBS Vicker Securities Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi. Untuk wali amanat, TPIA menunjuk PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari