Charnic Capital siapkan akuisisi setelah IPO



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usai mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Charnic Capital Tbk (NICK) mempersiapkan sejumlah ekspansi di tahun ini. Salah satu ekspansi yang akan dilakukan oleh perusahaan ini adalah akuisisi terhadap perusahaan finansial.

"60% atau sekitar Rp 24 miliar akan digunakan untuk akuisisi," Anton Santoso, Direktur Utama Charnic, Rabu (2/5).

Charnic berniat menggelar akuisisi pada semester II tahun ini. Anton menyebutkan bahwa NICK akan masuk bertahap ke perusahaan itu. Dalam tahap pertama, NICK akan mengakuisisi 25% dari perusahan finansial itu.

Selain itu, NICK juga akan menambah investasi di properti sebesar 30%. Saat ini, NICK hanya fokus mengembangkan invetsasi properti di kawasan SCBD, Jakarta saja.

Tahun ini, NICK mengincar kenaikan laba dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya ke kisaran Rp 6 miliar. Tahun lalu, perusahaan ini mencatatkan laba sekitar Rp 3 miliar.

Charnic menargetkan pendapatan Rp 12 miliar di tahun ini. Target tersebut naik dua kali lipat dibandingkan dengan realisasi pendapatan perusahaan di tahun 2017 yakni sebesar Rp 6 miliar.

Untuk mencapai target, NICK menganggarkan belanja modal Rp 10 miliar tahun ini. Sebesar Rp 4 miliar diperoleh perusahaan dari hasil IPO sementara sisanya berasal dari kas internal perusahaan. Belanja modal perusahaan akan digunakan untuk penambahan tim, investasi, dan portofolio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati