KONTAN.CO.ID - Chatime Indonesia menghadirkan gelaran 2023 Chatime Indonesia Tea-rista Competition bertemakan cup of creativiTEA di NLW Hall, Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan pada 21 Juli 2023. Tidak hanya menjadi ajang unjuk keterampilan meracik minuman dan pengetahuan seputar brewed tea antar tea-rista, gelaran ini sekaligus menjadi upaya pengembangan kemampuan karyawan dari Chatime Indonesia. Dua tim Tea-rista Champion yang terpilih akan mewakili Chatime Indonesia untuk bersaing secara global di Taiwan pada bulan Oktober mendatang. Sejak tahun 2011, Chatime Indonesia yang merupakan bagian dari F&B Indonesia, berkomitmen untuk menghadirkan kebahagiaan di keseharian pelanggan melalui produk dan pelayanan yang menyenangkan. Komitmen ini terwujud sesuai dengan hasil penelitian oleh Populix pada tahun 2022 yang menyebutkan bahwa Chatime dipersepsi sebagai merek minuman kekinian di Indonesia dengan produk yang berkualitas. Tidak hanya menggunakan bahan-bahan terbaik, hal ini juga berkat keterampilan dari para tea-rista Chatime. Layaknya barista, tea-rista merupakan panggilan khusus untuk ahli meracik minuman berbahan dasar teh.
Memiliki lebih dari 460 gerai dan lebih dari 2.400 tea-rista yang tersebar di seluruh Indonesia, membuat Chatime terus berupaya untuk memastikan kemampuan para tea-rista dalam menyajikan minuman dan memberikan pelayanan prima. Untuk mewujudkannya, Chatime menggelar 2023 Chatime Indonesia Tea-rista Competition yang menyeleksi lebih dari 400 tea-rista Chatime terpilih dari seluruh gerai Chatime di Indonesia sejak bulan Maret lalu. Gelaran Grand Final pada tanggal 21 Juli menyisakan tiga tim yang terdiri dari enam tea-rista yang akan bersaing untuk menampilkan keterampilan dan kompetensi mereka dalam menyajikan minuman dengan cara dan kreativitas terbaik kemudian mempresentasikan ide kreasinya, bahan yang digunakan, hingga rasa yang disajikan. Devin Widya Krisnadi, CEO F&B ID, perusahaan yang menaungi brand Chatime Indonesia menyampaikan, “Selain berfokus pada kepuasan pelanggan, Chatime Indonesia juga terus memperhatikan pengembangan people sebagai salah satu pilar bisnis F&B ID, khususnya kemampuan para tea-rista. Kami percaya bahwa setiap tea-rista kami mempunyai potensinya masing-masing. Sebuah prestasi membanggakan bahwa para tea-rista Chatime Indonesia meraih juara kedua saat bersaing secara global pada tahun 2022 lalu. Dengan semangat #GoodTeaGoodTime, Chatime bersama F&B ID menghadirkan kembali ajang Chatime Indonesia Tea-rista Competition di tahun 2023.” Grand Final 2023 Chatime Indonesia Tea-rista Competition berlangsung dalam dua sesi. Pada sesi pertama, para tea-rista menyajikan minuman berdasarkan tema yang telah diundi, yaitu Gen Z, Tropical, Energetic, dan Healthy. Menariknya, pada sesi kedua, para tea-rista ditantang untuk berkreasi dengan menggunakan bahan utama Cimory Yogurt, on the go healthy snack dengan berbagai varian rasa, yang kaya akan serat dengan sari buah, sumber protein dan kalsium, serta mengandung milyaran bakteri baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Pertama kali digelar pada tahun 2019 dan sempat vakum selama pandemi, ajang Chatime Indonesia Tea-rista Competition dilanjutkan kembali mulai bulan Juli 2022. Pada kesempatan ini, Chatime Indonesia mengirimkan dua tim terbaik yang terdiri dari empat tea-rista untuk bersaing menghadirkan kreasi minuman kekinian terbaik bersama tea-rista Chatime Taiwan, Filipina, Malaysia, Inggris, Australia, dan Kanada di Hillton Taipei Sinban, Taiwan. Salah satu tim tea-rista Chatime Indonesia, Muhammad Ridwan dari gerai Chatime Jakarta dan Maria Ulfa dari gerai Chatime Pekanbaru, berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih juara kedua. Untuk memeriahkan acara ini, kedua tim 2022 Chatime Tea-rista Champion juga diberikan kesempatan untuk saling unjuk keahlian. Terdapat satu sesi khusus, dimana kedua tim bersaing menyajikan minuman dengan menggunakan Oatside, susu yang terbuat dari oat yang 100% plant-based dan bebas laktosa. Gelaran 2023 Chatime Indonesia Tea-rista Competition telah menetapkan dua tim Tea-rista Champion, yaitu Ariobimo Alfiano dan Tasya Sheva Prafasiwi dari gerai Chatime Jakarta sebagai juara pertama dan Yusri dan Kartika Dwi Arum dari gerai Chatime Makassar sebagai juara kedua yang berhasil unggul dalam beberapa aspek penilaian, yaitu kreativitas pembuatan minuman berbahan dasar teh, kesesuaian kreasi dengan tema, rasa dan tampilan minuman, serta kemampuan tea-rista dalam mempresentasikan hasil kreasinya. Pada bulan Oktober mendatang, kedua tim Tea-rista Champion terpilih akan mewakili Chatime Indonesia untuk bersaing secara global di Taiwan. Sebagai apresiasi, Chatime juga memberikan hadiah uang tunai senilai total Rp27.000.000. Selain itu, acara ini juga berhasil atas dukungan dari rekanan bisnis Chatime Indonesia antara lain Cimory Yogurt dari PT Cisarua Mountain Dairy, susu Oatside dari PT Float Oat Indonesia, Tanamera Coffee dari PT Tanamera Mitra Sentosa yang menemani sesi coffee break gelaran 2023 Chatime Indonesia Tea-rista Competition, PT Intikemas Putra Makmur, PT Catur Pilar Sejahtera, PT Sweetindo Perkasa, PT Wingoh Albindo, PT Bioplast Unggul, PT. Kurnia Mitra Duta Sentosa, dan PT. Taska Indonesia Hijau. “Selamat untuk para pemenang 2023 Chatime Indonesia Tea-rista Competition. Semoga bisa mempertahankan semangatnya hingga nanti bersaing di Taiwan. Harapannya, Chatime Indonesia Tea-rista Competition ini juga bisa menjadi ajang untuk memotivasi para tea-rista dalam memberikan pelayanan berkualitas dan kemampuan terbaik mereka untuk para Chatimers,” tutup Devin. Tentang Chatime Chatime adalah merek minuman brewed tea asal Taiwan yang terbuat dari bahan-bahan terbaik dan berkualitas. Hadir di Indonesia sejak tahun 2011 di bawah naungan F&B Indonesia dan merupakan bagian dari Kawan Lama Group, saat ini Chatime telah memiliki lebih dari 460 gerai di 62 kota. Chatime memiliki konsep gerai terbaru yang diluncurkan tahun 2019 lalu, yaitu Chatime Atealier, gerai berkonsep premium dengan memperkenalkan "affordable luxury" dengan menghidangkan menu minuman yang diolah menggunakan mesin nitro sehingga menghadirkan sensasi dingin dan rasa yang lebih segar (refreshing). Tentang F&B ID F&B ID merupakan perusahaan yang menaungi seluruh portofolio pilar bisnis food & beverage, dan merupakan bagian dari Kawan Lama Group. F&B ID menaungi lima brand, yaitu Chatime, merek minuman brewed tea dengan lebih dari 50 pilihan rasa; Cupbop, merek makanan dengan cita rasa khas Korea seperti rice bowl dan street food: Gindaco, merek Takoyaki nomor 1 di Jepang yang renyah di luar dan lembut di dalam; Chatime Atealier, gerai Chatime yang berkonsep premium dengan memperkenalkan "affordable luxury", dan Go! Go! CURRY Genki no Minamoto, restoran dengan kari autentik asal kota Kanazawa, Jepang. Saat ini, F&B ID mengelola lebih dari 460 gerai Chatime, 21 gerai Cupbop, 25 gerai Gindaco, 10 gerai Chatime Atealier, dan 4 gerai Go! Go! CURRY Genki no Minamoto di Indonesia. Tentang Kawan Lama Group Kawan Lama Group adalah identitas dari kelompok unit bisnis multisektor yang masing-masing bergerak dalam enam pilar bisnis yaitu Industrial & Commercial, Consumer Retail, Food & Beverage, Property & Hospitality, Commercial Technology, serta Manufacturing & Engineering, namun dipersatukan oleh nilai dan tujuan yang sama yaitu memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga. Hadir sejak tahun 1955, Kawan Lama Group yang memiliki slogan “Bring Value for a Better Life” menaungi lebih dari 30 merek usaha, 11 pusat distribusi, dan lebih dari 1.000 toko yang jumlahnya terus bertambah sebagai kontribusi bagi kemajuan negeri.
Sektor Industrial & Commercial Kawan Lama Group terdiri dari merek usaha seperti Kawan Lama Solution, Krisbow, Sensorindo, Kaeser Indonesia, Depo Teknik, Kawan Lama Inovasi. Pada Consumer Retail, terdapat ACE, ACE Xpress, INFORMA, INFORMA Custom furniture, INFORMA Electronics, INFORMA Work & Space, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Home Galleria, SELMA, ATARU, Pendopo, EYE SOUL, SUSEN, dan lain sebagainya. Pada sektor Food & Beverage, hadir F&B ID sebagai perusahaan yang menaungi lima merek usaha yaitu Chatime, Chatime Atealier, Cupbop, Gindaco, dan Go! Go! CURRY Genki no Minamoto. Pada Property & Hospitality, terdapat Living World, Living Plaza, dan Anumana. Untuk Commercial Technology, terdapat ruparupa.com dan Danakini. Sedangkan untuk sektor Manufacturing & Engineering, merek usaha yang tergabung adalah Golden Living dan Golden Dacron.
Baca Juga: ACE Living World Alam Sutera Menyambutmu dengan Konsep Baru Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti