Chevron gaet kilang Noble Energy di Israel



KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Chevron Corp mengajukan tawaran senilai US$ 5 miliar untuk mengempit 50% kepemilikan saham kilang gas alam Mediterania Timur milik Noble Energy. Jika terwujud, produksi gas alam Chevron bakal makin besar di semenanjung Israel yang saat ini mayoritas diproduksi oleh Noble Leviathan.

Tahun lalu, Noble memang telah mencari investor untuk mendanai proyeknya bersama Leviathan. Meski demikian, Noble membantah Februari lalu Chevron telah berkunjung ke fasilitas Leviathan. Namun beberapa minggu kemudian, kedua pihak telah meneken kerjasama operasi. 

Baca Juga: Chevron Menawarkan Blok Laut Dalam (IDD) Kepada Perusahaan Migas Asal Italia

Dana segar untuk keberlangsungan operasi di Mediterania timur kini memang dibutuhkan Noble. Sebab, pada kuartal I-2020 lalu, Noble mencatat kerugian hingga US$ 4 miliar, sejumlah petinggi Noble bahkan mengajukan usul untuk menjual perusahaan alih-alih menggelar kerja sama operasional. 

Sebelum menggandeng Chevron, kilang Noble juga ditawar oleh enam investor lainnya. Adapun Chevron mengajukan harga US$ 10,38 per saham, 7,5% lebih. Tinggi dibandingkan harga penutupan perdagangan sebelum tandatangan transaksi. Sementara merujuk utang Noble, Chevron ditaksir bakakl mengucurkan. Dana total hingga US$ 13 miliar.

Meski telah sepakat, transaksi mesti disetujui terlebih dahulu dalam RUPSLB Noble yang bakal segera digelar.

Editor: Herlina Kartika Dewi