China kirim jet tempur ke Timur Laut



BEIJING. China telah mengirimkan pesawat tempur ke zona pertahanan udara yang baru dideklarasikan di Timur Laut Cina . Informasi tersebut disampaikan oleh kantor berita resmi China, Xinhua.

Sebelumnya, zona tersebut juga diklaim oleh China , Jepang , Taiwan dan Korea Selatan. China telah mengatakan, semua pesawat yang melewati zona tersebut mengajukan rencana penerbangan dan mengidentifikasi diri mereka sebelum melintas.

Jika tidak dilakukan, China mengancam akan melakukan tindakan pertahanan diri. Akan tetapi, Jepang , Korea Selatan dan Amerika Serikat telah menerbangkan pesawat militer mereka melalui area tersebut.


Juru bicara angkatan udara China, Kolonel Shen Jinke mengatakan, beberapa jet tempur dan pesawat telah dikerahkan untuk melakukan patroli rutin sebagai  langkah pertahanan dan sejalan dengan praktek-praktek umum yang dilakukan dunia internasional  .

Dia juga bilang, angkatan udara China tetap berada di posisi siaga tinggi dan akan mengambil langkah-langkah semua ancaman udara untuk melindungi keamanan nasionalnya .”Kami akan memperkuat pemantauan target di zona pertahanan udara,” katanya.

Sebelumnya, Jepang, China dan Taiwan mengklaim memiliki wilayah laut dan beberapa pulau tak berpenghuni tersebut. Bahkan, pengusaha Jepang, Kunioki Kurihara telah memiliki tiga pulau dan menjualnya September 2012 lalu.

Pulau-pulau di Timur Laut tersebut telah menjadi fokus pertikaian diplomatik antara Jepang dan China tahun 2010 silam. 

Editor: Asnil Amri