China menjadi konsumen emas terbesar dunia



SHANGHAI. China telah memantapkan posisinya sebagai konsumen emas terbesar di dunia. World Gold Council (WGC) mengumumkan, (14/11),selama kuartal III tahun ini, China telah belanja emas sebanyak 210 ton emas.

Dalam laporan WGC tersebut menyebutkan, belanja emas di China kuartal III itu naik 18% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Emas yang laris manis di China tersebut berbentuk perhiasan, emas batangan dan koin.

Naiknya kebutuhan emas China berhasil mengalahkan India, yang justru mencatat penurunan kebutuhan emas karena naiknya bea masuk emas di negara tersebut.


Pada periode Juli-September, konsumsi emas India tercatat hanya 148,2 ton, turun 32% dibandingkan waktu yang sama tahun sebelumnya.

Permintaan emas global secara keseluruhan mencapai 869 ton di kuartal III, turun 21% jika dibandingkan waktu yang sama tahun lalu. Walaupun secara umum turun, namun permintaan emas tetap tinggi di beberapa negara.

Marcus Grubb , direktur investasi WGC mengatakan, China secara konsisten dalam dua kuartal terakhir menjadi pasar emas tertinggi di dunia. Kenaikan permintaan emas di China menggeser tren konsumsi emas dari Barat ke Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri