HONG KONG. China memangkas pajak impor produk elektronik seperti komputer pribadi. Hal tersebut membuka jalan bagi perusahaan seperti Apple Inc dan Hewlett-Packard Co meningkatkan penjualan sebagai yang tercepat. Sehingga, pertumbuhan ekonomi bisa semakin terpacu.Departemen Keuangan China mengumumkan, pajak impor komputer, perekam video digital dan kamera dipangkas menjadi 10% dari yang semula 20% hari ini.Langkah ini dilakukan setelah kunjungan Presiden China Hu Jintao ke AS pekan lalu. Ia mendesak AS bisa meningkatkan hubungan bilateral demi mempercepat pemulihan ekonomi global. Sayang, konsesi tersebut mempersempit pangsa pasar pemimpin pasar saat ini seperti Lenovo Group LtdApple menjual versi 32-gigabyte iPhone handset 4 seharga 5.999 yuan setara dengan US$ 911 di China. Model yang sama dijual seharga US$ 299 oleh AT&T Inc di AS.Pembuat komputer AS termasuk Hewlett-Packard dan Dell Inc berjuang meningkatkan pangsa pasar mereka di China terhadap Lenovo, pemimpin industri lokal. Pangsa pasar Lenovo di China 28,8% pada kuartal ketiga 2010, lebih tinggi 10% pangsa pasar Dell dan 9,2% di atas Hewlett-Packard.
China pangkas pajak impor barang elektronik hingga 50%
HONG KONG. China memangkas pajak impor produk elektronik seperti komputer pribadi. Hal tersebut membuka jalan bagi perusahaan seperti Apple Inc dan Hewlett-Packard Co meningkatkan penjualan sebagai yang tercepat. Sehingga, pertumbuhan ekonomi bisa semakin terpacu.Departemen Keuangan China mengumumkan, pajak impor komputer, perekam video digital dan kamera dipangkas menjadi 10% dari yang semula 20% hari ini.Langkah ini dilakukan setelah kunjungan Presiden China Hu Jintao ke AS pekan lalu. Ia mendesak AS bisa meningkatkan hubungan bilateral demi mempercepat pemulihan ekonomi global. Sayang, konsesi tersebut mempersempit pangsa pasar pemimpin pasar saat ini seperti Lenovo Group LtdApple menjual versi 32-gigabyte iPhone handset 4 seharga 5.999 yuan setara dengan US$ 911 di China. Model yang sama dijual seharga US$ 299 oleh AT&T Inc di AS.Pembuat komputer AS termasuk Hewlett-Packard dan Dell Inc berjuang meningkatkan pangsa pasar mereka di China terhadap Lenovo, pemimpin industri lokal. Pangsa pasar Lenovo di China 28,8% pada kuartal ketiga 2010, lebih tinggi 10% pangsa pasar Dell dan 9,2% di atas Hewlett-Packard.