China perluas karantina raksasa ke 13 kota dengan 41 juta penduduk



KONTAN.CO.ID - BEIJING. Otoritas China dengan cepat memperluas upaya karantina raksasa ke 13 kota dengan total 41 juta penduduk, yang bertujuan menahan penularan virus corona baru yang mematikan 

Melansir Channelnewsasia.com, Tiongkok memperluas isolasi yang mencakup area dengan jumlah penduduk lebih besar dari Kanada. Mulai Kota Wuhan, Huanggang, Zhijiang, Ezhou, Chibi, Xiantao, hingga Enshi.  

Berbagai perayaan Tahun Baru Imlek juga dibatalkan. Lalu, berbagai destinasi wisata populer, mulai Kota Terlarang, Disneyland Shanghai, dan Badaling Tembok Raksasa China ditutup mulai besok (25/1).


Baca Juga: WHO: Kasus virus corona kemungkinan bakal terus bertambah

Pihak berwenang mengatakan, langkah-langkah tersebut untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus corona baru, yang telah menginfeksi lebih dari 800 orang dan menewaskan 26 lainnya.

Virus corona baru yang berawal di Wuhan telah menyebar ke kota-kota besar lainnya di China, termasuk Beijing, Shanghai dan Hong Kong. Kasus sudah terkonfirmasi di sejumlah negara, seperti Singapura dan Jepang.

Penyebaran virus yang meluas itu menimbulkan kekhawatiran karena kemiripannya dengan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang menewaskan hampir 650 orang di China dan Hong Kong pada 2002-2003.

Baca Juga: Cegah virus corona, Beijing tutup Tembok Raksasa China mulai besok

Layanan keretaapi ditanggungkan dan bandara ditutup di Wuhan, kota berpenduduk 11 juta. Mulai Kamis (23/1) Wuhan diisolasi secara efektif. Bus juga dilarang memasuki kota tersebut.

Editor: S.S. Kurniawan