Cigna dan Humana Dikabarkan Akan Menggabungkan Diri



KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Cigna Group dan Humana Inc dikabarkan sedang berdiskusi untuk merger. Sumber menyebut penggabungan dua perusahaan asuransi kesehatan terbesar AS masih dibahas atas kesepakatan dalam bentuk tunai atau saham. 

Sumber yang sama juga tidak bisa memastikan apakah penggabungan tersebut akan menghasilkan kesepakatan. Perwakilan kedua perusahaan tidak menanggapi permintaan komentar dari Bloomberg.

Baca Juga: Chubb Life Indonesia dan Cigna Indonesia Resmi Bergabung, Menampilkan Kekuatan Baru


Penggabungan dua perusahaan tersebut dikabarkan bisa menciptakan perusahaan asuransi kesehatan raksasa di Amerika Serikat dengan nilai US$ 140 miliar. Namun kesepakatan ini menurut The Finansial Times berpotensi mendapat ujian di otoritas anti monopoli. 

Pasalnya pada tahun 2017, hakim anti monopoli juga telah membatalkan merger Humana dan Aetna karena dinilai bersifat anti kompetitif. Di beberapa pekan setelahnya regulator AS juga menolak kerjasama antara Anthem dan Cigna. 

Untuk memuluskan rencana tersebut Cigna dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menjual beberapa aset yang ada. Jika kesepakatan merger tercapai, artinya jumlah tersebut masih lebih kecil dibandingkan pemain terbesar, UnitedHealth Group, yang saat ini memiliki nilai pasar mendekati US$ 500 miliar.

UnitedHealth menghasilkan pendapatan sebesar US$ 322 miliar pada tahun 2022, sementara Humana dan Cigna menghasilkan sekitar US$ 263 miliar.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Cigna Indonesia Bayar Klaim Hingga Rp 589 Miliar pada Tahun Lalu

Editor: Avanty Nurdiana