CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) Catat Pembiayaan UMKM Rp 865 Miliar di September 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pembiayaan PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) melaporkan bahwa total penyaluran pembiayaan baru untuk segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengalami kenaikan, dan berbanding terbalik dengan kondisi industri yang sedang turun. 

Presiden Direktur CNAF, Ristiawan Suherman, menilai, penurunan pembiayaan multifinance ke UMKM dimungkinkan selaras dengan kondisi makro, seperti biaya kredit yang sebelumnya tinggi karena beban bunga. 

Ristiawan menyebutkan, sampai dengan September 2024, total penyaluran pembiayaan baru untuk segmen UMKM atau produktif di CNAF mencapai Rp 865 miliar atau tumbuh 167%, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 324 miliar.


Baca Juga: Rasio Penarikan Kendaraan di CNAF Meningkat Jadi 0,30% pada Agustus 2024

“CNAF melihat ekspansi bisnis UMKM mulai membaik sampai dengan akhir triwulan III tahun 2024, dan optimistis akan berlanjut sampai dengan akhir tahun 2024," kata Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman, kepada Kontan.co.id, Rabu (16/10).

Selain itu, dia melihat bahwa peluang akan penyaluran pembiayaan ke sektor UMKM masih sangat luas. Di mana, prospek pembiayaan UMKM menjadi peluang bagi multifinance untuk mendorong dan memperluas pembiayaan meski masih dibutuhkan penguatan regulasi.

"CNAF tetap konsisten mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor UMKM," kata dia.

Baca Juga: Kedit Bermasalah (NPF) CIMB Niaga Turun Jadi 1,16% Hingga September 2024

Editor: Noverius Laoli