CIMB Niaga Kembali Gelar The Cooler Earth (TCE) Sustainability Series 2024



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk kembali menggelar The Cooler Earth (TCE) Sustainability Series 2024 yang berlangsung di Graha CIMB Niaga dan Energy Building Jakarta selama 2-4 Oktober 2024. Ini dilakukan untuk mendukung program net zero emmision yang kini tengah dijalankan pemerintah.  

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyatakan, di level perusahaan, penerapan sustainability dapat diterapkan misalnya melalui digitalisasi, menggunakan solar panel sebagai sumber listrik, dan menerapkan waste management.

Lebih lanjut, konsistensi CIMB Niaga dalam mendorong praktek bisnis yang sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) tercermin dari penyaluran pembiayaan berkelanjutan, dimana hampir 26% dari total pembiayaan Bank atau setara dengan Rp 56,4 triliun disalurkan untuk mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).


“Hal ini merupakan bukti komitmen CIMB Niaga untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang,” ungkap Fransika saat ditemui di Media Gathering TCE Sustainability Series 2024, di Jakarta, Rabu (2/10).

Baca Juga: Dukung Pembangunan Ramah Lingkungan, Semen Indonesia (SGMR) Perkenalkan Semen Hijau

Lebih lanjut Fransiska bilang, dampak pemanasan global kini kian nyata, contohnya kualitas udara yang buruk dan panas ekstrem yang membuat lingkungan tidak sehat. Kondisi ini tentu tidak kita harapkan dan perlu langkah nyata untuk mengatasinya.

“Karena itu, CIMB Niaga sebagai bank yang berkomitmen dan aktif dalam mengimplementasikan sustainability, menyelenggarakan rangkaian acara ini sebagai inisiatif untuk mengajak masyarakat luas dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi menerangkan, CIMB Niaga juga menyediakan berbagai produk bertema sustainability, baik di segmen Consumer Banking maupun Business Banking, di antaranya Kartu Kredit Digital OCTO Card yang merupakan kartu kredit tanpa kartu fisik.

Program lainnya adalah One House One Tree yang mengalokasikan donasi 1 pohon setiap pembelian 1 unit rumah. Adapun di segmen Business Banking yaitu pembiayaan sustainability linked-loan (SLL) atau sustainable finance (SF) serta Giro Kartini, produk giro khusus bagi para pengusaha wanita.

Baca Juga: Laba Bersih CIMB Niaga Tumbuh 4,23% Jadi Rp 4,37 Triliun Per Agustus 2024

Selain Media Gathering, dalam rangkaian acara TCE Sustainability Series, CIMB Niaga juga mengadakan Experiential Learning berkolaborasi dengan Liberty Society yang mengajak peserta untuk mengolah limbah menjadi karya seni lukisan yang menarik. Acara juga diramaikan dengan Exhibition yang menampilkan milestone sustainability CIMB Niaga, lelang gadget, pameran produk-produk sustainability dari merchant seperti Ivan Gunawan (showcase), KAMI, Jarit Tenun, Six Scents, serta para pemenang Community Link CIMB Niaga seperti Dit Reveille, Arthup, Sinergi Mahakarya, Mariqi Cake and Snack, Bolubbollo, Sendana Coffee, Lestallalfe, dan Istana Madu Balikpapan. Diharapkan rangkaian acara ini dapat menginspirasi lebih banyak masyarakat untuk konsisten menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan.

Tahun ini TCE Sustainability Series dirancang dalam format berbeda dan menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari ExhibitionMedia Gathering, serta Experiential Learning dengan mengusung semangat #SekarangUntukMasaDepan.

Sebelumnya, sejak awal 2024 CIMB Niaga juga telah mengadakan TCE Sustainability Series di 17 kota di Indonesia, termasuk JakartaHal ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak kalangan seperti media, nasabah, karyawan, pelajar, komunitas, dan masyarakat dalam mewujudkan bumi yang lestari.

Selanjutnya: Anda Habis Gajian? Yuk Atur Pengeluaran dengan Bijak!

Menarik Dibaca: 8 Fitur Kamera iPhone yang Unik dan Tidak Ditemukan di Android

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih