CIMB Niaga Laporkan Perolehan Keuangan Semester I, Laba Sebelum Pajak Rp 4,4 Triliun



KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk ("CIMB Niaga" atau "Bank"; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp4,4 triliun pada semester pertama 2024 ("1H24"), naik sebesar 5,8% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp135,64.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, "Kinerja positif kami pada semester pertama 2024 didorong oleh pertumbuhan aset produktif, pengelolaan efisiensi operasional, serta pencadangan yang baik.

Kami terus menjaga kualitas aset secara efektif dengan mempertahankan rasio gross non-performing loan (“NPL”) sebesar 2,1%, di bawah rata-rata industri. Kinerja ini menegaskan komitmen CIMB Niaga terhadap strategi lima pilar yang kami jalankan untuk pertumbuhan laba berkelanjutan, yang berfokus pada perluasan basis nasabah, penguatan portofolio CASA, pengelolaan kualitas aset, dan peningkatan digital engagement.”


“Kami optimis bisa meraih hasil yang baik di sisa tahun 2024, sejalan dengan strategi jangka panjang yang telah kami tetapkan. Komitmen untuk memberikan kinerja keuangan yang baik sejalan dengan upaya berkelanjutan kami dalam menyediakan solusi keuangan yang inovatif dan mudah diakses, mendukung aspirasi keuangan para stakeholders kami, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.”

CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR”) masing-masing sebesar 22,7% dan 85,7%.

Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp346,7 triliun per 30 Juni 2024, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) meningkat menjadi Rp249,8 triliun (+6,0% Y-o-Y), dikontribusikan dari pertumbuhan current account and savings account (“CASA”) sebesar 7,4% Y-o-Y menjadi Rp162,9 triliun. Hal ini merupakan hasil upaya Bank untuk membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital, yang berkontribusi terhadap rasio CASA menjadi sebesar 65,2%.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 5,9% Y-o-Y menjadi Rp217,1 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (“UKM”) yang naik 10,0% Y-o-Y dan Perbankan Konsumer yang tumbuh 5,8% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) yang meningkat sebesar 13,1% Y-o-Y.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga ("CIMB Niaga Syariah") berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp58,1 triliun (+11,6% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp48,1 triliun (+8,1% Y-o-Y) per 30 Juni 2024.

Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.

Adapun CIMB Niaga terus konsisten dalam mendorong praktik bisnis yang lebih bertanggung jawab sesuai dengan prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). Pada 3 Juni 2024, CIMB Niaga mendukung Nirwana Wastu Pratama Property Group dalam upaya keberlanjutannya dengan menyalurkan pembiayaan sebesar Rp300 miliar melalui skema Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) dengan instrumen pembiayaan Sustainability-Linked Financing.

“Meskipun ini adalah transaksi skema terkait keberlanjutan yang keempat bagi CIMB Niaga, kerja sama ini adalah yang pertama menggunakan skema Syariah. Ini menandai milestone penting bagi pertumbuhan yang berkelanjutan dan sesuai prinsip Syariah, sejalan dengan komitmen kami untuk bumi yang lestari,” tambah Lani.

Pada semester I 2024, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp56,4 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Pada semester I 2024, 90% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan OCTO Pay (e-money).

Sebagai fokus dari digitalisasi Bank adalah OCTO Mobile, sebuah aplikasi mobile banking dengan deretan fitur inovatif yang mendukung kebutuhan nasabah untuk bertransaksi, berinvestasi dan layanan lainnya.

Fitur utama pendukung kebutuhan bertransaksi termasuk transfer BI-Fast dan pembayaran Scan QRIS, serta berbagai pilihan pembayaran dan layanan lainnya. Baru-baru ini, CIMB Niaga menambahkan lebih banyak wilayah untuk pembayaran PDAM dan PBB, serta lebih banyak universitas dan sekolah untuk pembayaran uang kuliah yang tersedia di OCTO Mobile.

CIMB Niaga juga memperkenalkan #GetWealthSoon, inisiatif investasi digital yang menargetkan para generasi muda yang digital savvy. #GetWealthSoon menawarkan berbagai produk investasi melalui kanal digital, termasuk reksa dana, obligasi (SBN Ritel dan sekunder), dan deposito berjangka. Inisiatif ini bertujuan memberikan nasabah akses investasi digital yang mudah dan nyaman.

Selain itu, OCTO Mobile juga terus menambah deretan layanan baru, seperti peningkatan batas kredit untuk pengguna kartu kredit dan kemudahan untuk mendaftar pinjaman KTA atau aplikasi kartu kredit.

Sementara itu, OCTO Clicks layanan internet banking difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan top-up. Pada 1H24, OCTO Clicks juga memperkenalkan fitur jual/beli emas bekerja sama dengan Pegadaian. Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance ("CNAF") juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 403 cabang dan jaringan (termasuk 35 digital lounge). Per 30 Juni 2024, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.620 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 708.340 EDC, QR dan e-Commerce.

CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model terbaru kantor cabang berkonsep hybrid yaitu Digital Branch, yang memadukan konsep Cabang Konvensional dan Digital Lounge. Konsep ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga.

Dukung Target Dekabornasi dari CIMB Group dan Masa Depan Emisi Nol Bersih

Sejalan dengan komitmen CIMB Niaga terhadap keberlanjutan, Bank bekerja sama dengan entitas di seluruh CIMB Group dan secara aktif berkontribusi dalam pengembangan target dekarbonisasi untuk enam sektor dengan emisi tinggi: batubara, semen, kelapa sawit, listrik, real estate, dan minyak & gas. Sektor-sektor ini secara kolektif menyumbang 68% dari total emisi yang dibiayai oleh CIMB Niaga. Selain itu, CIMB Group telah memperbarui whitepaper yang merinci rencana dekarbonisasi yang komprehensif, jalur khusus sektor, dan strategi di seluruh enam sektor tersebut*.

CIMB Niaga akan mendukung target dekarbonisasi ini tanpa membatasi akses pembiayaan kepada nasabah, sebaliknya Bank akan secara aktif berkolaborasi dengan nasabah dan mitra untuk menawarkan pembiayaan yang ditargetkan untuk aktivitas rendah karbon dan transisi berkelanjutan, sembari mendorong mereka untuk menetapkan tujuan dekarbonisasi yang inklusif. CIMB Niaga juga akan mendukung peningkatan kapasitas dan bantuan teknis melalui berbagai inisiatif yang komprehensif, seperti The Cooler Earth Sustainability Series, yang menawarkan peluang pembelajaran berkelanjutan sepanjang tahun.

“CIMB Niaga berkomitmen untuk mendukung nasabah dan stakeholders kami dalam mencapai transisi yang berkelanjutan menuju masa depan Net Zero (emisi nol bersih). Kami secara proaktif mengkalibrasi ulang strategi, produk, dan layanan kami untuk mendukung dekarbonisasi sambil memastikan pembangunan berkelanjutan dan hasil sosial ekonomi yang positif,” kata Lani.

Penghargaan

Pada periode yang berakhir 30 Juni 2024, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk: 1.    Triple A Awards 2024 sebagai The Best Sustainability-Linked Loan for Manufacturing dan The Best Green Loan for Utility dari The Asset 2.    JCB Indonesia Awards 2024 sebagai The Best Best Issuing Total Sales Volume in Indonesia 2023, The Best Issuing Sales Volume in Southeast Asian Countries 2023 & The Best Growth Number of Cards Circulation in Indonesia 2023 dari JCB Indonesia 3.    4th Anniversary Indonesia’s Top 20 Syariah Awards 2024 sebagai Top Sharia Business Unit dari Kategori Bank dari The Iconomics 4.    Sustainability Communications Awards sebagai The Excellent Sustainable Communication Company in Financial Sector dari Nusantara TV 5.    Indonesia Public Relations Awards 2024 sebagai The Best Public Relations in Providing Comprehensive Product & Service to Enhance Customer Experience dari Warta Ekonomi 6.    Indonesia Excellence GCG Awards 2024 sebagai GCG Innovation for Better Implementation in Business Ethics and Sustainability dari Warta Ekonomi 7.    Fortune Indonesia Change The World sebagai Green Financing dari Fortune Indonesia 8.    13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024 dari Majalah Infobank, sebagai: The Best Credit Card KBMI 3, The Best e-Money Bank 2024 KBMI 3, The 2nd Best Deposito KBMI 3, The 2nd Best KPR KBMI 3, The 2nd Best Bank Savings KBMI 3, The 2nd Best Internet Banking KBMI 3 9.    BAZNAS Awards 2024 sebagai The Best Zakat Payment Services Provider Bank 2024 10.    Transparansi & Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 dengan Predikat Green Elite dan Platinum Plus dari Investortrust 11.    Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST) sebagai salah satu Perusahaan dengan Laporan Keberlanjutan Terbaik 2022, dengan rating A+ dari Moores Rowland 12.    TOP Innovation Choice Award 2024 CIMB Niaga Syariah dari Infobrand 13.    Indonesia Human Capital Awards 2024 - The Best Human Capital for Human Capital Digitalization to Improve Effectivity and Digital Employee Experience dari Warta Ekonomi 14.    18th Annual Indonesia Property & Bank Award 2024 – The Best Innovative Mortgage Process dari Indonesia Property & Bank 15.     Euromoney Islamic Finance Award 2024 untuk Kategori Indonesia’s Best international Islamic Bank dari Euromoney 16.    Growth Marker Club 2024 – CDP Mastermind Award dari Insider

*Detail dari metodologi target dan transisi target CIMB Group dapat dilihat pada https://www.cimb.com/en/sustainability/sustainability-cimb

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.   Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 Juni 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.971 karyawan (konsolidasi), 403 kantor cabang dan jaringan (termasuk 35 digital lounges), 3.620 ATM, serta 708.340 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,4 miliar per 30 Juni 2024. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Baca Juga: Bank CIMB Niaga Bukukan Laba Bersih Rp 3,41 Triliun Sepanjang Semester I-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti