KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk ("CIMB Niaga" atau "Bank"; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasian (unaudited) sebesar Rp2,0 triliun pada kuartal pertama tahun 2023 ("1Q23"), naik sebesar 29,5% year-on-year (“Y-o-Y”) dan menghasilkan earnings per share Rp63,42. Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, "Kami memulai tahun 2023 dengan meraih hasil yang menggembirakan di kuartal pertama untuk seluruh segmen bisnis, didukung oleh pertumbuhan kredit yang baik serta peningkatan kualitas underlying asset. Gross non-performing loans (“NPL”) menurun ke 2,6% dari 3,6% di 1Q22 dan 2,8% di 4Q22. Perolehan ini memungkinkan kami untuk terus mengakselerasi penciptaan nilai bagi para stakeholders, serta memperkuat keyakinan atas prospek yang positif sampai akhir tahun 2023.”
“Pencapaian kinerja kami mencerminkan pemulihan ekonomi Indonesia yang baik dan kesuksesan dalam penerapan 5 Pilar Strategi CIMB Niaga, yang berfokus pada pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Ke depannya, kami akan terus membangun dan memanfaatkan kapabilitas digital untuk meningkatkan customer experience dan mendorong pencapaian tujuan jangka panjang CIMB Niaga,” tambah Lani. Sejalan dengan hasil tersebut, indikator profitabilitas utama CIMB Niaga yaitu return on equity (“ROE”) meningkat menjadi 15,1%. Bank mempertahankan posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio ("CAR") dan loan to deposit ratio ("LDR") masing-masing sebesar 21,3% dan 82,2%. Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp347,3 triliun per 31 Maret 2023, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia. Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) mencapai Rp240,1 triliun dengan rasio CASA sebesar 61,2%, sebagai hasil upaya Bank membangun hubungan yang lebih erat sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital CIMB Niaga. Jumlah kredit/pembiayaan naik 10,1% Y-o-Y menjadi Rp201,1 triliun (atau Rp199,6 triliun di luar pembiayaan Salam), didukung pertumbuhan bisnis Corporate Banking (+16,2% Y-o-Y) dan Consumer Banking (+9,4% Y-o-Y). Kredit Pemilikan Rumah (“KPR”) tumbuh 5,5% Y-o-Y, sementara Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) meningkat sebesar 20,6% Y-o-Y, termasuk kontribusi dari anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance ("CNAF"). “CIMB Niaga terus mengoptimalkan kanal digital untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mengajukan berbagai produk kami. Di antaranya melalui Online Form untuk pengajuan KPR, Kartu Kredit, serta Personal Loan secara mandiri. Tersedia pula aplikasi referral OCTO Friends yang memberikan peluang mendapatkan penghasilan tambahan bagi nasabah dan karyawan, dengan mereferensikan produk dan layanan Bank kepada keluarga dan rekan. Melalui kanal digital yang terintegrasi, pengajuan produk CIMB Niaga menjadi lebih cepat,” ujar Lani. Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga ("CIMB Niaga Syariah") berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp50,2 triliun (termasuk pembiayaan Salam) dan DPK sebesar Rp49,3 triliun per 31 Maret 2023. “Sebagai apresiasi untuk nasabah setia kami, CIMB Niaga akan menyelenggarakan program spesial XTRA XPO 2023 serentak di 3 kota (Jakarta, Surabaya, dan Medan) pada 19-21 Mei 2023. Dalam acara ini nasabah dapat menikmati berbagai Xtra Crazy Deals untuk gadget, rumah, mobil, tiket pesawat, voucher hotel, dining, serta shopping, dengan penawaran khusus menggunakan Poin Xtra yang dimiliki,” kata Lani. Jaringan CIMB Niaga terus mengembangkan berbagai produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 31 Maret 2023, 97,0% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (“ATM”) dan Rekening Ponsel. OCTO Mobile memimpin tren digitalisasi dan menyediakan berbagai kemudahan perbankan. Mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, pilihan investasi dan pinjaman hingga kemudahan gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat. Sementara OCTO Clicks difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam melakukan berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan Top-Up. Fitur-fitur seperti financial check-up dan lifestyle, termasuk pemesanan pesawat, hotel serta voucher melengkapi rangkaian solusi yang tersedia. Selain itu, CNAF juga telah mengembangkan aplikasi digital CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya. "CIMB Niaga juga fokus pada Customer Centricity, salah satunya dengan terus memberikan nilai yang unik dan berbeda, serta pengalaman positif kepada nasabah saat melakukan transaksi perbankan bersama kami," tambah Lani. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 414 cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounge). Per 31 Maret 2023, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 4.066 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 431.556 electronic data capture ("EDC & QR"). Bangkitkan Optimisme Pascapandemi & Apresiasi Nasabah Melalui Wealth Xpo Untuk pertama kalinya, CIMB Niaga menyelenggarakan Wealth Xpo sebagai salah satu signature event untuk mengapresiasi nasabah istimewa yaitu CIMB Preferred dan CIMB Private Banking serta publik. Mengusung tema “Embracing The Spirit of Opportunity”, acara ini bertujuan untuk membangkitkan optimisme masyarakat di tengah dinamika lanskap politik dan ekonomi global dan nasional. Acara ini mendapat sambutan positif dan dihadiri lebih dari 1.000 peserta. Highlight utama dari Wealth Xpo tentang wealth management dihadirkan melalui dua sesi talkshow, yaitu Wealth Practice dan Wealth Roundtable bersama para pakar dan praktisi industri. Sesi ini memberikan pengetahuan dan wawasan terbaru kepada nasabah dan publik tentang kondisi perekonomian dan peluang untuk meningkatkan portofolio aset/kekayaan nasabah. “Kami memahami bahwa masyarakat butuh solusi finansial yang dapat diandalkan untuk pengelolaan kekayaan yang optimal. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Wealth Xpo menawarkan solusi Wealth Growth Practices yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah dengan memanfaatkan produk investasi dan perlindungan yang tersedia di CIMB Niaga,” tambah Lani. Menjawab antusiasme tinggi dari nasabah dan masyarakat, CIMB Niaga akan menghadirkan Wealth Xpo di 5 kota lainnya: Bali, Batam, Balikpapan, Solo, serta Makassar. Penghargaan Pada tiga bulan pertama yang berakhir 31 Maret 2023, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk: 1. The 6th Satisfaction, Loyalty, & Engagement (“SLE”) Awards 2023 dari Majalah Infobank, di antaranya untuk: Top Rank KBMI 3 Bank, The Strongest Customer Engagement KBMI 3 Bank, The Best KBMI 3 Bank in Customer Loyalty, The Most Satisfying KBMI 3 Bank in Mobile Banking, dan The Most Satisfying KBMI 3 Bank on ATM Service 2. Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2023 sebagai “Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Providing Comprehensive Financial Solution” dari Warta Ekonomi 3. 12th Digital Brand Awards 2023 dari Majalah Infobank, di antaranya: The Best Credit Card KBMI 3, The Best House Mortgage Loan KBMI 3, dan The Best e-Money Private Bank (Rekening Ponsel) 4. WOW Brand 2023 untuk Digital Lounge CIMB Niaga dari MarkPlus 5. Indonesia Human Resources Awards 2023 sebagai “The Best HR Management for The Outstanding Development of Comprehensive and Strategic HR Initiatives (Category: Conventional Bank)” dari Warta Ekonomi 6. Indonesia Public Relations Awards 2023 sebagai “The Best Public Relation in Company Strategy on Increasing Customer Satisfaction, Loyalty and Engagement (SLE) by Optimizing Product, Service and Customer Experience” dari Warta Ekonomi Tentang CIMB Niaga CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya. Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Maret 2023, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.814 karyawan (konsolidasi), 414 kantor cabang & jaringan (termasuk 37 digital lounges), 4.066 ATM, serta 431.556 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,8 miliar per 31 Maret 2023. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.
Baca Juga: CIMB Niaga Raih 12 Penghargaan Infobank Digital Brand Recognition 2023 Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti