CIMB Niaga Raih Laba Sebelum Pajak Konsolidasi Tumbuh 26,7% YoY Jadi Rp 6,6 Triliun



KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk ("CIMB Niaga" atau "Bank"; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp6,6 triliun pada tahun 2022 ("FY2022"), naik sebesar 26,7% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp202,2.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, "Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan berkelanjutan dari para stakeholders, sehingga CIMB Niaga bisa menutup tahun 2022 dengan kinerja yang menggembirakan. Di tengah pemulihan dan kebangkitan ekonomi Indonesia dari tantangan global, kami dapat menangkap peluang untuk mendorong pertumbuhan Bank. Hal ini terlihat pada peningkatan laba sebelum pajak yang mencapai Rp6,6 triliun atau tertinggi hingga saat ini."

"5 Pilar Strategi CIMB Niaga termasuk program transformasi digital di seluruh segmen bisnis tetap menjadi prioritas strategis jangka panjang kami. Di tahun 2023, kami akan fokus pada peningkatan basis nasabah ritel dan pertumbuhan CASA melalui kapabilitas digital, perbaikan kualitas aset, kontribusi pendapatan non-bunga, serta inovasi perbankan digital dengan teknologi terkini dan pilihan layanan yang luas untuk nasabah," tambah Lani.


Capital adequacy ratio ("CAR") dan loan to deposit ratio ("LDR") CIMB Niaga masing-masing sebesar 22,2% dan 85,6% per 31 Desember 2022.

Total aset konsolidasian per 31 Desember 2022 adalah sebesar Rp307 triliun, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) mencapai Rp227 triliun dengan rasio CASA meningkat menjadi 63,6%. Hal ini sejalan dengan komitmen Bank untuk terus membangun hubungan yang lebih erat dengan para nasabah, sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital CIMB Niaga.

"Kami bangga menjadi salah satu pelopor dalam industri perbankan digital di Indonesia. OCTO Mobile, digital super app CIMB Niaga, meraih penghargaan dari berbagai institusi atas beragam inovasi dan memberikan pengaruh positif kepada para nasabah di tahun 2022. Adapun penghargaan terbaru diberikan oleh Bisnis Indonesia sebagai ‘Highly Impactful Digital Banking App’.

Di tahun 2023, OCTO Mobile akan fokus untuk mengintegrasikan dan memperkenalkan teknologi serta keamanan terbaru, untuk meningkatkan kapabilitasnya sebagai digital super app. Kami akan menghadirkan transformasi yang signifikan dan menarik di OCTO Mobile. Hal ini memperkuat komitmen kami untuk selalu mengedepankan nasabah sebagai bagian dari kampanye Anda #YangUtama," kata Lani.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 9,4% Y-o-Y menjadi Rp199 triliun (atau Rp197 triliun di luar pembiayaan Salam), terutama berasal dari pertumbuhan pada bisnis Corporate Banking (+12,1% Y-o-Y) dan Consumer Banking (+11,8% Y-o-Y). Kredit Pemilikan Rumah (“KPR”) tumbuh 7,0% Y-o-Y, sementara Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) meningkat sebesar 35,3% Y-o-Y, termasuk kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance ("CNAF").

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga ("CIMB Niaga Syariah") berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp49,3 triliun (termasuk pembiayaan Salam) dan DPK sebesar Rp39,5 triliun per 31 Desember 2022.

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 31 Desember 2022, 97% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (“ATM”), dan Rekening Ponsel.

OCTO Mobile memimpin tren digitalisasi dan menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, pilihan investasi dan pinjaman hingga kemudahan untuk gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat.

Sementara itu, OCTO Clicks difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan Top-Up. Fitur-fitur seperti financial check-up dan lifestyle, termasuk pemesanan pesawat, hotel serta voucher melengkapi rangkaian solusi yang tersedia dari CIMB Niaga.

Selain itu, CNAF juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.

"Di CIMB Niaga, kami juga berfokus pada Customer Centricity, salah satunya dengan terus memberikan nilai dan pengalaman yang unik, serta berbeda kepada nasabah dalam transaksi perbankan bersama CIMB Niaga. Kami bersyukur upaya tersebut meningkatkan net promoter score (NPS) kami dari tahun ke tahun.

Pada 2022, skor NPS CIMB Niaga meningkat 12%, dari 38% menjadi 50%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak nasabah yang bersedia untuk merekomendasikan CIMB Niaga kepada keluarga, teman, atau kolega mereka.

Baru-baru ini, kami berhasil meraih Peringkat Terbaik dalam Survei Satisfaction, Loyalty & Engagement (SLE) 2023 untuk kategori Bank Umum Kelompok Bank Modal Inti (KBMI) 3 dengan nilai tertinggi pada aspek loyalty & engagement. Kami mengucapkan terima kasih kepada para nasabah, karyawan, dan para stakeholders atas kepercayaan, dukungan, dan keyakinan terhadap CIMB Niaga selama ini," tambah Lani.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 417 cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounge). Per 31 Desember 2022, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 4.207 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 298.866 electronic data capture ("EDC & QR").

Meraih Skor Tertinggi dalam ASEAN Corporate Governance Scorecard

Sejalan dengan komitmen berkelanjutan Bank dalam penerapan Tata Kelola Perusahaan yang baik, CIMB Niaga sukses meraih penghargaan bergengsi dalam ajang ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) Awards 2021 dari ASEAN Capital Markets Forum (ACMF). Penghargaan ini terdiri dari ASEAN Top 20 PLCs, ASEAN Asset Class, dan Top 3 PLCs Indonesia.

CIMB Niaga berhasil mempertahankan nilai ACGS tertinggi di antara seluruh perusahaan di Indonesia untuk kedua kalinya, dan merupakan perusahaan Indonesia pertama yang masuk sebagai ASEAN Top 20 (20 perusahaan dengan skor tertinggi dari seluruh perusahaan di 6 negara anggota ASEAN).

Lani menjelaskan, CIMB Niaga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas penerapan GCG di setiap aktivitas perbankan, sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia, ASEAN dan praktik-praktik terbaik internasional. Seluruh jajaran di CIMB Niaga turut berkontribusi dalam penerapan GCG, baik dari Dewan Komisaris, Direksi, maupun karyawan.

"Kami percaya dengan terus meningkatkan kualitas penerapan GCG, CIMB Niaga dapat memberikan nilai tambah yang maksimal bagi pemegang saham dan stakeholders lainnya," kata Lani.

Penghargaan

Pada tahun yang berakhir 31 Desember 2022, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk: 1.    The 5th Satisfaction, Loyalty, & Engagement (“SLE”) Awards 2022 untuk kategori Satisfaction Index 2022 (peringkat 2); Satisfaction Index 2022 untuk Kantor Cabang (peringkat 2); dan Satisfaction Index 2022 untuk Mobile Banking (peringkat 2) dari Majalah Infobank 2.    Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2022 untuk kategori Call Center Regular Credit Card, Call Center Sharia Banking, dan Email Center Bank dari Majalah Marketing dan Carre-CCSL 3.    11th Digital Brand Awards 2022 untuk kategori Internet Banking (1st Rank), Credit Card (1st Rank), Mobile Banking (2nd Rank), Savings (2nd Rank), Mortgage (2nd Rank), e-Money Bank (2nd Rank), Deposit (2nd Rank), Best Overall Internet Banking (3rd Rank), Debit Card (3rd Rank), dan Conventional Bank (3rd Rank) dari Majalah Infobank 4.    iNews Maker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Human Capital and Organization Development untuk HyWork Arrangement 5.    Best Islamic Finance Awards 2022 untuk kategori Best Islamic Finance SME Bank dan Best Islamic Finance Wealth Management Bank dari Alpha Southeast Asia 6.    Penghargaan Transportasi Emisi Korporasi 2022 untuk kategori Transparansi Penurunan Emisi Sektor Emiten dengan Gelar Green dan Transparansi Perhitungan Emisi Sektor Emiten dengan Gelar Gold dari Majalah Investor 7.    OJK Kejar Award sebagai Bank Implementasi Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) Terbaik Kategori Bank Swasta Nasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 8.    Islamic Finance Summit 2022 & Anugerah Infobank 11th Sharia Awards 2022 untuk Golden Awards 2022 sebagai Unit Usaha Syariah “Sangat Bagus Selama 5 Tahun Berturut-turut” Kinerja Keuangan selama 2017-2021 dari Majalah Infobank 9.    Governance, Risk & Compliance (GRC) & Performance Excellence 2022 untuk kategori The Best GRC Overall for Corporate Governance & Performance (Foreign Banking) dari Majalah Businessnews Indonesia 10.    Best Companies To Work For in Asia 2022 dengan hasil sebagai salah satu Asia's Best Companies To Work For 2022 dari Business Media International (BMI) & HR Asia Media 11.    Award dari Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI) sebagai Bank Pertama yang Menyelenggarakan Pembelajaran dengan Virtual Reality (VR) 12.    Asian Banking & Finance Corporate & Investment Banking Awards 2022 untuk tiga kategori: Corporate & Investment Bank of The Year – Indonesia; Syndicated Loan of The Year – Indonesia; and Corporate Client Initiative of The Year – Indonesia dari Asian Banking & Finance 13.    Bisnis Indonesia Financial Award 2022 untuk special award ‘Highly Impactful Digital Banking App’ dari Bisnis Indonesia 14.    8th Islamic Retail Banking Awards 2022 untuk Best Islamic Retail Bank for Priority Banking 2022 dari Cambridge IFA. 15.    Indonesia’s Best Companies in Creating Leaders from Within 2022 sebagai Top 5 Winner dari SWA Media Group dan NBO 16.    Most Improved Bank in Profitability Management Indonesia 2022, Best Retail Banking Product Indonesia 2022, dan Most Disruptive Business Banking Product Indonesia 2022 dari World Economic Magazine 17.    Risk Management Awards 2022 sebagai ‘Achievement in Operational Risk Management’ dari The Asian Banker 18.    2021 ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) Awards dari the ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) sebagai the ASEAN Top 20, ASEAN Asset Class, and Top 3 of Indonesian PLCs

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.   Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Desember 2022, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.767 karyawan (konsolidasi), 417 kantor cabang & jaringan (termasuk 37 digital lounges), 4.207 ATM, serta 298.866 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD14,0 miliar per 31 Desember 2022.

Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Baca Juga: Laba Bank CIMB Niaga (BNGA) Melesat 24,35% Jadi Rp 5,09 Triliun pada 2022     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti