CIMB Niaga Raih Penghargaan Perbankan UKM Terbaik di Indonesia 2024



KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meraih penghargaan tingkat internasional sebagai Perbankan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbaik di Indonesia (Best SME Bank Indonesia 2024). Penghargaan diberikan pada ajang World Economic Magazine Awards dan Global Business & Finance Magazine Awards atas konsistensi CIMB Niaga dalam menghadirkan produk dan layanan inovatif untuk mendukung pengembangan bisnis para pengusaha UKM di Indonesia.

World Economic Magazine Awards dan Global Business & Finance Magazine Awards merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada individu, perusahaan, dan organisasi yang telah memberikan kontribusi lebih dalam bidang bisnis dan keuangan. CIMB Niaga dinilai sebagai bank yang aktif dalam menyalurkan pembiayaan di sektor UKM dan mendukung pertumbuhan perekonomian nasional yang sebagian besar adalah UKM.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada CIMB Niaga. Pengakuan dari lembaga independen berskala internasional ini menjadi motivasi agar kami terus memberikan pengalaman terbaik kepada nasabah melalui inovasi produk, layanan, dan program yang dapat menjadi solusi kebutuhan perbankan. Hal ini sejalan dengan aspirasi kami untuk menjadi bank pilihan nasabah dan para pelaku bisnis di Indonesia,” kata Head of Emerging Business Banking (EBB) CIMB Niaga Tony Tardjo di Jakarta, Rabu (11/9/2024).


Segmen UKM tumbuh positif

Penghargaan ini juga mencerminkan kepercayaan yang semakin kuat dari nasabah, atas konsistensi CIMB Niaga dalam memberikan layanan terbaik kepada pelaku usaha UKM. Ini tercermin dari pertumbuhan bisnis segmen UKM di CIMB Niaga yang terus mencatatkan perkembangan positif. Per semester I 2024, penyaluran pembiayaan segmen UKM CIMB Niaga tumbuh double digit secara year-on-year (YoY).

“Dengan performa bisnis UKM yang sehat dan menguntungkan, kami optimis dapat meraih kinerja yang semakin baik hingga akhir tahun. Untuk mencapainya, kami akan memperkuat strategi dengan meningkatkan customer experience, mempercepat proses bisnis melalui platform digital, serta melakukan cross-selling dengan produk CIMB Niaga” kata Tony.

Di samping itu, CIMB Niaga menitikberatkan inovasinya pada inklusivitas dengan fokus pada pemberdayaan dan dukungan terhadap segmen bisnis yang lebih luas. Melalui kemitraan dengan perusahaan fintech, CIMB Niaga berupaya menjangkau bisnis mikro yang belum terlayani oleh perbankan. Selain itu, melalui produk Giro Kartini, CIMB Niaga memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dengan berdonasi atas setiap pembukaan rekening yang akan digunakan untuk mendukung pelatihan pembuatan tenun tradisional bagi wanita disabilitas di Sulawesi.

Untuk menjangkau nasabah yang lebih luas, CIMB Niaga terus memperkuat penetrasi pasar di daerah-daerah dengan mengandalkan jaringan kantor cabang yang luas, dan didukung Relationship Manager yang profesional.

Tak hanya itu, di tahun 2023 CIMB Niaga juga menginisiasi program “Lokal Berdaya” yang bertujuan memberdayakan UKM lokal dengan menyediakan platform pameran, pelatihan, dan peluang kolaborasi untuk memperkuat ekonomi lokal dan menciptakan dampak sosial positif. Inisiatif ini tidak hanya membantu UKM berkembang tetapi juga berkontribusi pada penguatan ekonomi lokal dan inklusivitas bisnis di seluruh Indonesia.

“Penghargaan yang kami terima merupakan bukti bahwa CIMB Niaga selama ini mendapatkan kepercayaan yang baik dari para nasabah dan debitur. Tentu kepercayaan ini akan terus kami pertahankan dan tingkatkan dengan senantiasa bekerja dari hati atau Work From Heart (WFHeart), untuk menghadirkan solusi perbankan yang relevan dan mendampingi nasabah dalam mengembangkan usahanya,” ujar Tony.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.   Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Work From Heart, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah.

Per 30 Juni 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.971 karyawan (konsolidasi), 403 kantor cabang dan jaringan (termasuk 35 digital lounges), 3.620 ATM, serta 708.340 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,4 miliar per 30 Juni 2024.

Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Baca Juga: CIMB Niaga Perkenalkan Work From Heart, Rayakan Hari Pelanggan Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: