CIMB Niaga Syariah Kembangkan Ekosistem Haji dan Umrah



KONTAN.CO.ID - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) terus memperkuat sinergi dengan stakeholders, termasuk Kementerian Agama (Kemenag), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), serta asosiasi dan penyelenggara travel Haji dan Umrah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan layanan bagi nasabah dan masyarakat, sehingga semakin mudah dalam merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan ibadah Haji dan Umrah.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara menyatakan, sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH), CIMB Niaga Syariah berkomitmen terus memperkuat ekosistem Haji dan Umrah di Indonesia, dengan aktif berinovasi menghadirkan solusi layanan finansial yang komprehensif dan relevan dengan kebutuhan para stakeholders dan masyarakat dalam mempersiapkan ibadah ke Tanah Suci.

“Menyambut datangnya musim Haji tahun ini, kami sangat antusias untuk memperkenalkan kembali berbagai inovasi program pada produk-produk andalan kami. Mulai dari produk financing, funding, hingga treasury. Bagi para penyelenggara travel Haji dan Umrah, kami menyediakan berbagai layanan, antara lain transaksi forex dan penyediaan banknotes SAR dengan rate kompetitif, tarif remitansi yang terjangkau menggunakan Riyad Bank sebagai bank koresponden, pembiayaan modal kerja dan bank garansi dengan proses yang mudah dan rate kompetitif, serta rekening giro dengan kemudahan transaksi dan program menarik,” kata Pandji dalam gathering program travel Haji & Umrah di Jakarta, Senin (13/5/2024).


Turut hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Prof. Hilman Latief, MA., PhD,  Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander, serta Asosiasi Travel Haji & Umrah area Jakarta.

Sedangkan bagi calon jemaah, CIMB Niaga Syariah menyediakan produk tabungan dan kartu debit iB Pahala. Produk tabungan ini selain terkoneksi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) juga memberikan banyak keuntungan lain.

Di antaranya bebas biaya administrasi, bebas biaya tarik tunai di ATM Bank lain domestik dan luar negeri, termasuk di Arab Saudi (khusus di jaringan ATM berlogo Mastercard dengan minimal saldo sebelum penarikan Rp1 juta). Tak hanya itu, nasabah juga mendapat fasilitas bahasa Indonesia pada menu ATM Bank Al-Rajhi saat berada di Arab Saudi.

Selain itu, untuk membantu nasabah merencanakan ibadah Haji atau Umrah, CIMB Niaga Syariah juga memiliki produk pembiayaan yaitu Program Haji Khusus  X-TRA dan Umrah X-TRA. Program pembiayaan X-TRA Dana iB ini khusus untuk keperluan Ibadah Haji Khusus atau Umrah menggunakan akad Ijarah Multijasa. Dengan program ini nasabah bisa berangkat langsung ke Tanah Suci dengan berbagai pilihan Paket Umrah/Haji Khusus yang disediakan travel rekanan CIMB Niaga.

“Melalui beragam inovasi tersebut, kami berharap dapat memberikan manfaat, mendukung perkembangan keuangan syariah, serta meningkatkan customer experience para calon jemaah Haji dan Umrah di Indonesia. Terima kasih atas kepercayaan nasabah dan seluruh stakeholders kepada CIMB Niaga Syariah. Kami akan terus berinovasi memberikan layanan terbaik kepada nasabah,” ujar Pandji.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Maret 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.000 karyawan (konsolidasi), 407 kantor cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounges), 3.844 ATM, serta 670.441 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,0 miliar per 31 Maret 2024. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Baca Juga: Penyaluran Pembiayaan Syariah Multifinance Bervariasi Hingga April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti