CIMB Niaga Syariah Kerjasama Pemko Batam Dukung Implementasi Kartu BBM Fuel Card 5.0



KONTAN.CO.ID - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Batam (Pemko Batam) dalam mengimplementasikan Layanan Transaksi Pembayaran Pengguna Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP).

Peresmian kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Head of Sharia Consumer CIMB Niaga Bung Aldilla dan Head of Region Sumatera CIMB Niaga Maya Sartika bersama Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi, SE, MM dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Dr. H. Gustian Riau, S.E., M.Si, di Batam Centre, Kota Batam.

Melalui sinergi tersebut, CIMB Niaga Syariah turut mendukung program pemerintah dengan menerbitkan kartu khusus Fuel Card 5.0 sebagai alat pembayaran sekaligus pengendali dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite.


Kartu ini nantinya dapat digunakan secara praktis dengan cara menempelkan (tap) atau scan kartu pada mesin EDC CIMB Niaga yang dapat membaca plat nomor kendaraan sehingga kuota BBM yang tersedia dapat dimonitor dengan akurat.

Bung Aldilla menyatakan, CIMB Niaga Syariah siap mendukung Pemko Batam dalam mewujudkan inovasi layanan pembayaran digital melalui Fuel Card 5.0 secara optimal dan terintegrasi dengan sistem Disperindag Kota Batam. Sehingga, melalui Fuel Card 5.0 tersebut, setiap kendaraan roda 4 dapat dimonitor sesuai batas kuota yang ditetapkan.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen CIMB Niaga Syariah dalam mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang diusung pemerintah, serta berkontribusi dalam mewujudkan visi Pemko Batam dalam menjadikan Kota Batam sebagai Smart City.

“Sebagai UUS dengan layanan perbankan digital lengkap di Indonesia, CIMB Niaga Syariah siap memfasilitasi masyarakat Kota Batam dalam melakukan transaksi menggunakan Fuel Card 5.0 secara efisien, cepat dan mudah. Melalui penandatanganan MOU ini, kami berharap dapat ikut serta menyukseskan program pengendalian distribusi BBM di Kota Batam,” kata Bung Aldilla di Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Adapun program Fuel Card 5.0 tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan distribusi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang tepat sasaran, serta sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).  Di mana mobil pribadi dan umum hanya mendapatkan 25 liter per hari. Dengan penggunaan Fuel Card 5.0 ini diharapkan penyaluran BBM bersubsidi berjenis pertalite ini menjadi terkontrol dan tercatat.

Seperti diketahui, partisipasi CIMB Niaga Syariah dalam program layanan pembayaran Fuel Card 5.0 yang diusung Pemko Batam telah melewati tahap seleksi ketat melibatkan 16 bank yang ada di Kota Batam. Dari sejumlah bank tersebut, ada tiga bank yang terpilih sebagai mitra Pemko Batam, salah satunya CIMB Niaga Syariah.

“Kerja sama program Fuel Card 5.0 dengan Pemko Batam merupakan langkah awal untuk menjajaki potensi kerja sama dalam berbagai bidang lainnya. Harapan kami kiranya kerja sama yang baik ini akan terus berkembang. Kami akan terus mendukung pemerintah dan masyarakat Kota Batam dengan mengandalkan kapabilitas digital dan jaringan kantor CIMB Niaga maupun CIMB Niaga Syariah yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Batam,” ujar Bung Aldilla.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.   Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Desember 2023, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.060 karyawan (konsolidasi), 412 kantor cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounges), 3.893 ATM, serta 544.056 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD13,6 miliar per 31 Desember 2023. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Baca Juga: Perluas Sinergi Komunitas,CIMB NiagaSyariah Gandeng Ikatan Keluarga Minang Saiyo Bali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti