KONTAN.CO.ID - Penggunaan aplikasi berbasis digital saat ini dinilai telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, karena dapat mempermudah dalam memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari, mulai dari berbelanja, membayar tagihan, serta memesan makanan ataupun transportasi. Bahkan kini hampir semua prosesnya dapat dilakukan secara praktis tanpa perlu keluar dari aplikasi yang digunakan, termasuk pembayaran yang melibatkan perbankan. Kemudahan itu dimungkinkan karena aplikasi tersebut telah mengadopsi produk dan layanan pembayaran milik perbankan ke dalam sistemnya melalui Application Programming Interface (API). Seperti diketahui, API merupakan platform open banking yang dapat memfasilitasi mitra bisnis, antara lain e-commerce, financial technology (fintech), start-up, dan perusahaan lainnya, untuk mengakses informasi dan mengintegrasikan produk serta layanan Bank ke dalam platform digitalnya. Keberadaan API kian penting termasuk bagi industri perbankan, salah satunya PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), karena diyakini dapat membuka akses nasabah terhadap layanan perbankan melalui platform digital mitra. Bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini secara aktif mengembangkan CIMB Niaga API untuk memperkuat transformasi dan digitalisasi yang terus dilakukan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan nasabah untuk bertransaksi dari berbagai channel, termasuk dari aplikasi yang biasa dipakai.
CIMB Niaga telah kembangkan API guna perkuat digitalisasi perbankan
KONTAN.CO.ID - Penggunaan aplikasi berbasis digital saat ini dinilai telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, karena dapat mempermudah dalam memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari, mulai dari berbelanja, membayar tagihan, serta memesan makanan ataupun transportasi. Bahkan kini hampir semua prosesnya dapat dilakukan secara praktis tanpa perlu keluar dari aplikasi yang digunakan, termasuk pembayaran yang melibatkan perbankan. Kemudahan itu dimungkinkan karena aplikasi tersebut telah mengadopsi produk dan layanan pembayaran milik perbankan ke dalam sistemnya melalui Application Programming Interface (API). Seperti diketahui, API merupakan platform open banking yang dapat memfasilitasi mitra bisnis, antara lain e-commerce, financial technology (fintech), start-up, dan perusahaan lainnya, untuk mengakses informasi dan mengintegrasikan produk serta layanan Bank ke dalam platform digitalnya. Keberadaan API kian penting termasuk bagi industri perbankan, salah satunya PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), karena diyakini dapat membuka akses nasabah terhadap layanan perbankan melalui platform digital mitra. Bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini secara aktif mengembangkan CIMB Niaga API untuk memperkuat transformasi dan digitalisasi yang terus dilakukan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan nasabah untuk bertransaksi dari berbagai channel, termasuk dari aplikasi yang biasa dipakai.