Ciputra (CTRA) Garap Proyek di IKN, Simak Rekomendasi Sahamnya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) melihat peluang untuk ikut mengembangkan proyek di Ibu Kota Negara (IKN).

Direktur CTRA, Harun Hajadi mengatakan, proyek perseroan di IKN yang sudah berjalan adalah proyek pembangunan pemukiman untuk aparatur sipil negara (ASN).

“Pemukiman 10 menara ini dalam bentuk rusun dan dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” ujarnya kepada Kontan, Rabu (25/9).


Baca Juga: MNC Sekuritas Bagikan Proyeksi dan Rekomendasi Saham 25 September 2024, Simak Yuk

CTRA juga diminta untuk membangun 22 rumah tapak untuk Eselon 1 dengan skema yang sama.

Progres proyek tersebut sampai saat ini adalah melakukan presentasi company profile, memasukkan design dan feasibility study (FS), menggelar pembahasan FS dan ketentuan lainnya, hingga melakukan kurasi design dengan tim Ridwan Kamil selaku tim arsitektur.

Sebagai catatan, proses ini sudah baku dan ditentukan oleh Otoritas IKN (OIKN).

“Pertemuan dengan tim Ridwan Kamil sudah dilakukan sekali. Kami masih menunggu yang kedua,” ungkapnya.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham CTRA, BBNI, INDF dan GOTO untuk Perdagangan Hari Ini (25/9)  

Setelah semua proses tersebut diterima nanti, maka CTRA akan dinominasi sebagai pemrakarsa. Setelah itu akan dilakukan penawaran tender. Proses tender harus dilaksanakan sebagai salah satu syarat Pemerintah dalam menggarap proyek.

 
CTRA Chart by TradingView

“Setelah ditentukan sebagai pemenang, baru kami akan mempersiapkan groundbreaking dan konstruksi,” tuturnya.

Menurut Harun, lahan yang disiapkan OIKN untuk rusun seluas sekitar 8 hektar dan untuk rumah tapak sekitar 2 hektar.

“Diperkirakan total investasi keseluruhan untuk 10 tower, 22 rumah tapak, dan fasilitas2 nya adalah 3.5 - 3.8T (masih perkiraan)

Ciputra Group dikabarkan akan segera berpartisipasi mengembangkan proyek properti dengan investasi non-APBN di Wilayah Perencanaan (WP) 2 IKN. Namun, pihak CTRA belum banyak berkomentar terkait rencana tersebut.

Baca Juga: Optimis Mengejar Target, Ini Pendorong Kinerja Ciputra (CTRA) di Semester II

Research Analyst Phintraco Sekuritas Nurwachidah melihat, bergabungnya CTRA dengan proyek IKN akan menjadi katalis yang positif. Ini mengingat portofolio bisnis CTRA yang memang memiliki land bank yang terdiversifikasi secara geografis.

“Sehingga, dengan diversifikasi tersebut, CTRA dapat meminimalisasi risiko terkonsentrasi,” ujarnya kepada Kontan, Selasa (24/9).

Editor: Yudho Winarto