Ciri HP Kena Hack Beserta Cara Mengatasi dan Memperbaikinya



MOMSMONEY.ID - Saat ini ada banyak masalah soal ponsel yang diretas. Anda perlu hati-hati agar terhindar dari ponsel yang diretas. Artikel ini memberikan informasi mengenai ciri hp kena hack beserta cara mengatasinya.

Tak banyak yang mengetahui ciri hp kena hack atau retas orang lain. Ciri hp kena hack dapat Anda lihat melalui beberapa tanda. 

Ciri hp kena hack yaitu cepat kehabisan daya, berjalan lambat, aktivitas aneh seperti jendela pop-up atau aplikasi yang tidak terduga muncul, atau panggilan atau teks tidak dikenal di log ponsel Anda.


Baca Juga: Tips Membuat Baterai di iPhone 16 Series Lebih Awet dan Panjang Umur

Lalu, bagaimana mengatasi dan memperbaiki hp kena hack?

Anda dapat membersihkan ponsel dan menghilangkan aktivitas peretasan menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

Perbaikan ini berlaku untuk semua versi Android dan semua produsen ponsel Android.

Pertama, aktifkan Mode Aman Android. Setelah ini diaktifkan, hapus semua aplikasi yang baru diinstal atau tidak dikenal dari Android Anda. Pastikan untuk mencari aplikasi yang tersembunyi juga.

Anda juga dapat melihat aplikasi yang baru diinstal di Android Anda dengan membuka aplikasi Google Play Store, memilih Aplikasi & game saya, lalu mengurutkan Aplikasi yang diinstal menurut Terakhir Diperbarui.

Menghapus instalasi aplikasi yang tidak dikenal atau yang baru saja diinstal dapat membantu menghapus perangkat lunak berbahaya yang tidak sengaja Anda instal.

Instal dan jalankan perangkat lunak antivirus seluler. Aplikasi ini akan memindai ponsel Anda untuk mencari file dan aplikasi berbahaya yang membahayakan keamanan ponsel Anda dan menghapusnya secara permanen.

Baca Juga: Cara Ubah HP Lama Menjadi Kamera CCTV Menggunakan Tips Praktis dan Mudah

Jika Anda telah melakukan root pada ponsel Android Anda, Anda telah membuka area sistem yang biasanya dilindungi oleh hak istimewa keamanan.

Untuk membalikkan ini, Anda perlu menggunakan salah satu aplikasi root seperti SuperSU untuk membatalkan root Android Anda dan membuatnya aman kembali.

Atur ulang layar kunci dan kode PIN Android Anda. Melakukan hal ini akan memastikan bahwa jika seorang peretas berhasil mengakses detail login Anda dan meretas ponsel Anda dengan cara itu, mereka tidak akan dapat masuk kembali setelah Anda memulai ulang Android Anda.

Anda juga dapat mengunci aplikasi menggunakan penyematan layar untuk keamanan ekstra.

Atur ulang kata sandi akun. Anda mungkin perlu mengatur ulang akun Microsoft Anda jika Anda menggunakan aplikasi Office 365, atau mengatur ulang kata sandi Instagram Anda, atau bahkan mengatur ulang akun Gmail Anda.

Baca Juga: Cara Ekspor Kontak dari iPhone untuk Memindahkan Tanpa Lewat Komputer

Mengubah semua kata sandi Anda bisa merepotkan, tetapi jika peretas aktif di ponsel Anda, itu satu-satunya cara untuk mengamankan kembali semua akun Anda.

Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak lagi menerima panggilan telepon atau pesan teks, melihat nomor atau panggilan yang tidak dikenal di tagihan Anda, atau aplikasi pelacakan lokasi menunjukkan lokasi yang salah untuk ponsel Anda, kartu SIM Anda mungkin telah dikloning atau diretas.

Peretas dapat menggunakan rekayasa sosial untuk membuat penyedia layanan nirkabel Anda mengirimkan kartu SIM baru untuk akun Anda.

Jika Anda menduga demikian, hubungi penyedia layanan nirkabel Anda dan beri tahu mereka bahwa seseorang mungkin telah mengkloning kartu SIM Anda. Mereka dapat bekerja sama dengan Anda untuk mematikan kartu SIM yang dikloning dan memberi Anda kartu SIM yang sah.

Penyebab HP Kena Hack

1. Ponsel Anda dapat diretas karena berbagai alasan, yang tidak semuanya sepenuhnya berada di bawah kendali Anda.

2. Mengklik tautan di situs media sosial yang membawa Anda ke situs web yang memasang malware di ponsel Anda.

3. Membuka tautan dalam email phishing yang memasang perangkat lunak berbahaya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Earbuds Mati Sebelah dan Eror yang Tidak Tersambung di HP

4. Peretasan kartu SIM, di mana peretas meyakinkan penyedia layanan Anda untuk mengirimkan kartu SIM pengganti.

5. Peretas terhubung ke ponsel Anda melalui koneksi Bluetooth atau Wi-Fi.

Terlepas dari bagaimana peretas berhasil memasang malware atau virus di ponsel Anda, hasilnya biasanya sama. Peretas akan mencoba mengeksploitasi informasi apa pun yang ada di ponsel Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Mereka dapat mencari informasi pribadi atau sensitif seperti detail rekening bank, nomor jaminan sosial, atau kata sandi akun daring melalui berkas di ponsel Anda.

Nah itulah beberapa ciri hp kena hack beserta cara mengatasinya. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Buana Graha Utama Tambah Porsi Kepemilikan Saham di Multi Indocitra (MICE)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria