Cisarua Mountain Dairy (CMRY) Meraih Kinerja Apik di 2023, Ini Faktor Pendorongnya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) berhasil meraih kinerja apik pada tahun 2023. Baik penjualan maupun perolehan laba bersih bertumbuh dua digit dibandingkan realisasi tahun sebelumnya. 

Merujuk laporan keuangan tahun buku 2023, CMRY berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih 21,78% year on year (YoY) menjadi Rp 7,77 triliun. Pada tahun 2022, CMRY mencatat pendapatan Rp 6,38 triliun.

Corporate Secretary Cisarua Mountain Dairy Dinar Primasari menyebutkan, growth driver untuk tahun 2023 ditopang oleh produk dari segmen dairy, di antaranya yogurt dan susu UHT. Sedangkan produk dari segmen consumer foods adalah produk chicken nugget dan crispy nugget sticks. 


“Kinerja Cimory pada tahun 2023 sesuai dengan ekspektasi Perseroan untuk tumbuh double digit. Kami memiliki visi untuk tumbuh secara berkelanjutan (sustainable growth) jadi kami berupaya untuk memastikan bahwa pertumbuhan Cimory dapat konsisten dari tahun ke tahun,” ungkap Dinar, kepada Kontan.co.id, pekan ini. 

Baca Juga: Cisarua Mountain Dairy (CMRY) Targetkan Kinerja Tumbuh hingga Dua Digit di 2024

Pada tahun 2023, di segmen dairy, CMRY meluncurkan sejumlah produk baru yakni, susu UHT chocolate mint dan peanut butter serta yogurt stick. Sedangkan, pada segmen premium consumer foods, Cimory meluncurkan crispy chicken nugget 120 gr dan crispy nugget sticks.

“Produk-produk yang baru diluncurkan mendapat tanggapan positif dari pelanggan dan berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis Cisarua Mountain,” imbuhnya. 

Per 31 Desember 2023 CMRY membukukan laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1,23 triliun. Raihan ini naik sebanyak 17,08% dari periode yang sama tahun lalu yaitu Rp 1,06 triliun.

Menurut Dinar, pertumbuhan laba bersih yang signifikan tersebut ditopang oleh peningkatan kontribusi penjualan dari segmen dairy dan consumer foods. Di mana, segmen dairy mencetak kenaikan penjualan menjadi Rp3,65 triliun. Sedangkan segmen consumer foods mencetak penjualan menjadi Rp 4,12 triliun.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati