Citigroup ingin menjual bisnis pembiayaan konsumer



NEW YORK. Citigroup terus menghidupkan rencana melepas unit pembiayaan konsumer, yakni OneMain Financial. Bank yang berbasis di Amerika Serikat ini tengah bernegosiasi dengan sejumlah private equtiy, termasuk Fortress Investment Group LLC.

Citigroup belum mengambil keputusan skema penjualan unit bisnis yang mengucurkan pinjaman personal melalui jaringan 1.100 cabang ini. Belum jelas pula bagaimana status dan proposal sejumlah perusahaan private equity yang terlibat negosiasi dengan Citigroup. Namun, pada Jumat (21/2) pekan lalu, dua orang sumber menyebutkan kesepakatan tersebut akan terjadi pada tahun ini.

Jurubicara Citigroup menolak mengomentari kabar itu. Fortress, pemilik mayoritas perusahaan pembiayaan konsumer Springleaf Holdings Inc, juga tak merespons permintaan konfirmasi tentang kabar tadi. Demikian juga dengan manajemen Springleaf.


Pada Desember tahun lalu, Chief Financial Officer (CFO) Citigroup, John Gerspach, dalam forum konferensi industri, menyebutkan kinerja bisnis OneMain Financial cukup positif. Namun, aktivitas anak usaha ini tidak sejalan dengan target bisnis Citigroup. OneMain menyasar pasar masyarakat berpenghasilan rendah, sedangkan Citigroup fokus melayani nasabah kaya.

Perusahaan seperti OneMain mengucurkan pembiayaan personal kepada masyarakat, misalnya untuk memenuhi biaya tak terduga, seperti tagihan medis atau perbaikan mobil, serta membeli barang-barang, seperti lemari es dan televisi. OneMain memberi pinjaman pribadi hingga US$ 15.000. "Kami terus mengevaluasi seluruh pilihan untuk keluar dari OneMain," ungkap Gerspach kala itu.

Menjual OneMain memungkinkan Citigroup menyaring aset sisa Citi Holdings ketika krisis keuangan berkecamuk. Dalam beberapa tahun terakhir, Citigroup berhasil memangkas aset hingga menjadi US$ 117 miliar pada akhir kuartal keempat tahun lalu. Sebelumnya Citigroup mencatatkan aset US$ 875 miliar.

Seorang sumber mengatakan, salah satu opsi yang bisa ditempuh Citigroup adalah menjual minoritas saham di unit bisnisnya. Hal ini memungkinkan bagi perusahaan untuk mempertahankan laba operasi. Pada tahun 2011, Citigroup mencoba menjual OneMain. Namun hingga kini rencana tersebut belum terealisasi.

Editor: Sandy Baskoro