Citilink pesan 25 unit Airbus A320neo



JAKARTA. Maskapai penerbangan berbiaya rendah, Citilink melakukan pemesanan pesawat perdana ke Airbus sebanyak 25 unit Airbus A320neo. Kontrak pembelian pesawat yang diteken Desember 2012 lalu itu akan digunakan Citilink untuk penerbangan domestik di Indonesia.

"A320 telah memainkan peran kunci dalam bagi Citilink" kata Arif Wibowo, Chief Executive Officer (CEO) Citilink dalam siaran pers yang dikutip KONTAN di situs Airbus, Senin (14/1).  Menurut penjelasan Arif, pesawat A320 diharapkan mampu meningkatkan kinerja operasional Citilink karena daya angkut lebih besar dan bahan bakar yang lebih efisien.

"Kami senang menyambut Citilink sebagai pelanggan baru Airbus," kata John Leahy, Chief Operating Officer (COO) Airbus. Menurutnya, A320 merupakan pesawat yang lebih banyak diminati untuk penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier bagi maskapai di seluruh dunia.


Airbus mengklaim, pesawat Airbus A320neo mampu menghemat bahan bakar sebesar 15% dari pesawat sejnis. Selain itu, generasi pesawat Airbus A320neo diklaim memproduksi karbon lkebih rendah dan tingkat kebisingan yang juga rendah.

Saat ini, Airbus sudah menerima pesanan pesawat ini sebanyak 8.900 pesawat, dan sebanyak 5.300 pesawat sudah dikirim ke lebih dari 380 pelanggan dan maskapai di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri