Citroën Indonesia Klaim Peroleh Kuota Impor Mobil Listrik Sesuai dengan Permintaan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Citroën Indonesia menyatakan telah memanfaatkan insentif bebas bea masuk dan PPnBM impor mobil listrik utuh atau completely built up (CBU) sesuai ketentuan dari pemerintah. Adapun mobil listrik Citroën yang memperoleh insentif tersebut adalah model E-C3.

Tan Kim Piauw, CEO PT Indomobil National Distributor (Citroën Indonesia) mengatakan, untuk memperoleh insentif khusus dari pemerintah, Citroen turut mengikuti ketentuan yang merujuk pada Peraturan Menteri Investasi (Permeninves) No. 6 Tahun 2023 sebagai aturan turunan Peraturan Presiden (Perpres) No. 79 Tahun 2023. 

Dalam hal ini, Citroën memiliki komitmen untuk membangun fasilitas manufaktur mobil listrik agar bisa mendapat insentif fiskal berupa pembebasan bea masuk dan PPnBM impor mobil listrik E-C3. Citroën juga mesti menyerahkan dana sebagai bank garansi senilai insentif yang diberikan kepada pemerintah.


"Apabila tidak memenuhi kewajiban sesuai Permeninves 6/2023, maka uang jaminan tersebut akan hangus," ujar dia, Senin (21/10).

Baca Juga: Dharma Polimetal Lirik Potensi Ekspor Hingga Pacu Penjualan Komponen Sepeda Motor

Meski tidak disebut secara gamblang, Tan Kim Piauw bilang bahwa Citroën telah mendapatkan kuota impor sesuai dengan yang telah diajukan ke pemerintah. 

"Kuota tersebut kini sudah terpenuhi, untuk menunjang rencana penjualan kami di Indonesia," imbuhnya.

Dalam catatan Kontan, Citroën memperoleh kuota impor sekitar 4.500 unit untuk model E-C3 dengan bantuan insentif. Namun, Citroën sudah berbicara ke pemerintah bahwa mereka belum tentu menyerap seluruh kuota impor yang diperoleh seiring beroperasinya pabrik di Purwakarta, Jawa Barat.

Tan Kim Piauw menyebut, pabrik Citroën di Purwakarta kini mulai beroperasi. Sudah ada 30 unit mobil listrik yang diproduksi meski baru dalam tahap uji coba. Pabrik ini sendiri berada di bawah naungan PT National Assemblers dan memiliki kapasitas 6.000 unit per tahun.

Selanjutnya: Rekomendasi Teknikal Saham CTRA, PTPP dan MEDC untuk Hari Ini, Selasa (22/10)

Menarik Dibaca: 4 Jenis Model Celana Jeans yang Wajib Ada di Lemari Baju Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari