CJ CGV Cinema masih menikmati industri bioskop di Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. CJ CGV Cinema masih menikmati bisnis bioskop di Indonesia. Hal tersebut merujuk pada pertumbuhan jumlah judul film yang ditampilkan.

Manael Sudarman, Sales & Marketing Division Head PT Graha Layar Prima Tbk menyebutkan bahwa sepanjang tahun lalu perusahaan menanyangkan lebih banyak judul film dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jumlah judul film yang tayang di CJ CGV CINEMAS Indonesia di sepanjang tahun 2018 tercatat sebanyak 438 judul, meningkat 13,17% dari tahun 2017 yang tercatat sebanyak 387 judul," ujarnya saat dihubungi kontan.co.id, Jumat (1/3).

Sayangnya untuk jumlah penonton, Manael masih enggan menyampaikan saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan perusahaan. Walaupun begitu, pada awal tahun ini ada penurunan jumlah penonton yang disebutnya merupakan hal yang biasa.

Menurutnya, penurunan total penonton pada awal tahun merupakan siklus tahunan yang biasa terjadi pada periode awal tahun dengan tak terkait jumlah film yang ditayangkan. "Disebabkan daya jual dari konten tersebut, termasuk didalamnya aktifitas pemasaran dari pihak pembuat film," tambahnya.

Oleh sebab itu, saat konten film sedang kurang, pihaknya berupaya untuk lebih aktif menciptakan konten. Adapun upaya tersebut lewat penyelenggaraan berbagai kegiatan budaya di dalam area CGV dan mendistribusikan konten tersebut secara offline dan online.

Menurutnya, pada umumnya memang penjualan tiket terbesar terjadi pada saat liburan yang berarti tengah dan akhir tahun.

Terkait rencana ekspansi perusahaan, Manael bilang masih konsisten pada rencana awal yakni membuka 100 lokasi sampai dengan 2020.

Berdasarkan catatan kontan.co.id tahun ini perusahaan berencana untuk menambah di 15-20 lokasi kembali dengan biaya investasi tiap layar untuk jenis auditorium reguler sebesar Rp 4 miliar hingga Rp 6 miliar.

Sedangkan, per 3 Desember 2018 CJ CGV tercatat telah membuka 51 cabang di 24 kota Indonesia dengan total 321 layar. Yang mana disebutkannya pada Desember sendiri akan ditambahkan kembali 5-6 di lokasi baru tanpa menyebutkan lokasinya.

Selain ekspansi bioskop, Manael menyebutkan perusahaan berupaya melakukan kerjasama dengan partner strategis untuk meningkatkan pelayanan dan pendapatan. Selain itu, bekerjasama dengan beberapa saluran pemasaran untuk meningkatkan kepedulian akan brand perusahaan.

"Juga promosi melalui digital marketing, akuisisi, serta meningkatkan kesetiaan pelanggan melalui kegiatan promosi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi