Coba Konsumsi 17 Makanan untuk Menurunkan Gula Darah Ini, yuk



MOMSMONEY.ID - Catat dan coba konsumsi, ya! Ini 17 makanan untuk menurunkan gula darah yang efektif.

Mengelola kadar gula darah adalah hal penting, terutama bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengalami lonjakan gula darah.

Salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi.


Beberapa jenis makanan dapat membantu menurunkan gula darah secara alami karena kandungan nutrisi tertentu di dalamnya.

Baca Juga: Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes Per Hari?

Melansir dari Healthline, inilah makanan untuk menurunkan gula darah yang dapat Anda coba:

1. Brokoli dan kecambah brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang membantu mengurangi gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi stres oksidatif. Penelitian menunjukkan bahwa kecambah brokoli juga dapat membantu penderita diabetes tipe 2 dalam menurunkan gula darah.

2. Makanan laut

Ikan dan kerang kaya akan protein dan lemak sehat, yang membantu mengatur kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan dan mengurangi lonjakan gula darah setelah makan. Ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, juga baik untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Baca Juga: 8 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Vagina Anda, Ada Alpukat

3. Labu dan biji labu

Labu, terutama biji labu, kaya akan serat dan antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Biji labu mengandung lemak sehat dan protein yang dapat membantu mengatur gula darah setelah makan.

4. Kacang-kacangan

Kacang seperti almond dan kacang tanah dapat membantu menstabilkan gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan, terutama jika dimasukkan dalam pola makan rendah karbohidrat.

Baca Juga: Tidak Sedang Sakit, Apa Penyebab Kematian Mendadak Sebenarnya?

5. Okra

Okra kaya akan senyawa seperti polisakarida dan flavonoid yang membantu menurunkan gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji okra memiliki efek antidiabetes yang kuat.

6. Biji rami

Biji rami kaya serat dan lemak sehat yang membantu menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi biji rami secara rutin dapat meningkatkan pengendalian gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: Apa yang Dirasakan Jika Gula Darah Tinggi dalam Tubuh? Ini 11 Gejalanya

7. Kacang dan lentil

Kacang-kacangan dan lentil kaya akan serat, magnesium, dan protein yang membantu menurunkan gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan kacang-kacangan ke dalam makanan dapat mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

8. Kimchi dan asinan kubis

Makanan fermentasi seperti kimchi dan asinan kubis mengandung probiotik yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa makanan fermentasi dapat berdampak positif pada pengelolaan gula darah.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Makan Apa? Intip Daftar Pantangannya di Sini

9. Biji chia

Biji chia dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji chia dapat memperlambat penyerapan gula dan meningkatkan kontrol gula darah.

10. Kangkung

Kangkung mengandung antioksidan yang membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Menambahkan kangkung ke dalam makanan tinggi karbohidrat dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

Baca Juga: Daftar Buah Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Ada 10 Pilihan!

11. Buah beri

Buah beri seperti raspberry, blueberry, dan stroberi kaya akan serat dan antioksidan yang membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

12. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta melindungi dari sindrom metabolik yang meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga: 9 Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh, Cek Ada Apa Saja!

13. Oat

Oat kaya serat larut yang membantu menstabilkan gula darah. Mengonsumsi oat secara rutin dapat mengurangi gula darah puasa dan meningkatkan kontrol gula darah secara keseluruhan.

14. Buah jeruk

Buah jeruk seperti jeruk dan grapefruit mengandung serat dan senyawa seperti naringenin, yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: 11 Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan Anda, Salah Satunya Kurangi Stres

15. Kefir dan yogurt

Produk susu fermentasi seperti kefir dan yogurt kaya akan probiotik yang dapat membantu mengatur gula darah dan mengurangi HbA1c.

16. Telur

Telur kaya akan protein dan lemak sehat yang membantu menstabilkan gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi telur secara teratur dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah puasa.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Makan Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh Anda

17. Apel

Apel kaya akan serat larut dan senyawa tanaman yang dapat membantu menurunkan gula darah dan melindungi dari risiko diabetes. Konsumsi apel sebelum makan dapat mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

Itulah makanan untuk menurunkan gula darah yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: IHSG Turun 0,26% ke 7.543 pada Kamis (3/10), SMGR, EXCL, ASII Top Gainers LQ45

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas