Coba 5 Cara Membuat Masker Rambut Alami untuk Rambut Rontok



MOMSMONEY.ID - Harus dicoba, inilah cara membuat masker rambut alami untuk rambut rontok. Terdapat kandungan di dalam bahan alami ini yang bisa merawat dan menjaga kesehatan rambut, contohnya buah pisang.

Tidak perlu terlalu sering memakai masker rambut instan setiap hari, Anda bisa mencoba masker rambut dari bahan alami.

Melansir dari cnfstore.com, berikut lima cara membuat masker rambut alami untuk rambut rontok : 


1. Telur dan Madu

Masker rambut alami untuk rambut rontok pertama adalah telur dan madu. Telur mengandung vitamin B kompleks, mineral, dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Nutrisi dalam telur tersebut dapat membantu menghambat kerontokan rambut dengan memperkuat rambut hingga akarnya.

Telur juga membantu merangsang pertumbuhan rambut dan volume rambut bertambah. Lemak alami yang ada di telur juga menutrisi folikel rambut sehingga sangat bermanfaat untuk kerontokan rambut.

Cara membuat masker rambut ini tidak sulit, pecahkan satu butir telur dalam mangkuk dan tuang satu sendok makan madu ke dalamnya. Aduk rata membentuk pasta halus.

Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, biarkan selama 15 menit baru dibilas bersih. Keramas memakai shampo dan kondisioner yang wangi agar bau telur hilang.

2. Pisang dan Minyak Kelapa

Selanjutnya, masker rambut alami untuk rambut rontok adalah pisang dan minyak kelapa. Buah pisang mengandung potasium yang mencegah kerusakan rambut dan mendukung pertumbuhan rambut.

Untuk membuat masker pisang, Anda bisa kombinasikan dengan minyak kelapa dan pisang matang bersamaan. Campur hingga membentuk pasta lembut dan oleskan pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

Baca Juga: Manfaatkan Promo Tiket.com x Antis, Diskon Hotel di Asia Tenggara hingga 25%

3. Yoghurt

Punya yoghurt di rumah? Anda bisa menggunakannya untuk masker rambut. Yoghurt mengandung asam laktat yang memberi kelembapan dan mencegah rambut kusut.

Anda bebas mencampurkan yoghurt dengan bahan organik lainnya sesuai kebutuhan. Campurkan alpukat untuk mendapat kekuatan dan kilau rambut atau lemon untuk pH rambut yang seimbang.

Setelah mencampurkan bahan organik pilihan Anda dengan yoghurt, oleskan masker rambut ke rambut dan biarkan meresap 15 hingga 20 menit.

4. Cuka Sari Apel

Masker rambut alami untuk rambut rontok berikutnya adalah cuka sari apel. Sifat asam dalam cuka sari apel mampu menangkal bakteri dan mengelupas sel kulit mati pada kulit kepala. Hasilnya, pertumbuhan rambut semakin meningkat dan menjadi lebih sehat. 

Untuk membuat masker ini, campurkan cuka sari apel secukupnya dengan air. Setelah Anda keramas, gunakan cuka sari apel sebagai bilasan terakhir.

Bahan alami akan membersihkan kulit kepala dan mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus pH tetap seimbang.

5. Jojoba Oil dan Kuning Telur

Masker rambut alami untuk rambut rontok yang bisa dipakai adalah jojoba oil dan kuning telur. Minyak jojoba bersifat anti jamur yang menjaga kulit kepala tetap sehat dan mengangkat kulit mati.

Jojoba oil juga kaya akan omega 6 dan 9 fatty acid, yang efektif membuka sumbatan folikel rambut dan melawan radikal bebas penyebab kerusakan rambut.

Cara membuat masker ini dengan mencampurkan satu sendok teh jojoba oil, kuning telur, satu sendok teh madu, dan beberapa tetes perasan lemon.

Menarik dicoba, kan? Itulah lima cara membuat masker rambut alami untuk rambut rontok. Rawat kesehatan rambut dari rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana