Coca-Cola Gandeng CGV Cinemas Luncurkan Coca-Cola Reborn Area



KONTAN.CO.ID - Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan, hari ini Coca-Cola bersama CGV Cinemas meluncurkan Coca-Cola ‘Reborn Area’ di 5 (lima) lokasi CGV Cinemas di Jakarta. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Coca-Cola untuk menginspirasi dan mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas pakai.

Dalam mewujudkan visi global ‘World Without Waste’, Coca-Cola bersama para mitra terus berupaya untuk membantu mencari solusi terkait dengan permasalahan kemasan plastik bekas pakai. Melalui tiga pilarnya, yakni Design-Collect-Partner, Coca-Cola memiliki komitmen untuk membantu mengumpulkan setara dengan setiap botol yang dijual pada tahun 2030 sekaligus demi mendukung terciptanya ekonomi sirkular loop tertutup dalam pengelolaan kemasan bekas pakai di Indonesia.

Triyono Prijosoesilo, Director of Public Affairs, Communications and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia, menyampaikan, “Kami dengan bangga bermitra dengan CGV Cinemas untuk menghadirkan Coca-Cola ‘Reborn Area’ di mana masyarakat dapat menemukan drop box kemasan botol plastik PET bekas pakai.


Melalui program ini, kami menegaskan komitmen dalam mendorong lebih banyak orang untuk mendaur ulang dan membantu memberikan kehidupan kedua bagi botol plastik PET bekas pakai. Botol-botol plastik yang kita gunakan bukanlah sampah dan masih memiliki nilai. Kami melihat antusiasme masyarakat Indonesia untuk menonton film di bioskop dan juga jaringan CGV Cinemas yang luas di Indonesia akan menjadi sebuah kolaborasi yang cukup kuat.”

Data dari Gabungan Pemilik Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) memberikan gambaran menjanjikan mengenai peluang untuk mendorong sejumlah program edukasi dan peningkatan kesadaran langsung di sumbernya. Dengan meningkatnya jumlah penonton film di Indonesia yang mencapai 54,07 juta pada tahun 2022, bioskop menjadi media yang ampuh dalam menciptakan kesadaran yang berdampak.

Mandati Putri, Marketing Communications Head of CGV Cinemas ditemui di sela acara peluncuran Coca-Cola ‘Reborn Area’ di CGV Cinemas Central Park pada Senin (11/12/2023) mengatakan, “Pascapandemi, masyarakat mulai kembali memenuhi bioskop di ibukota. Saat menonton bioskop, biasanya penonton akan membeli makanan dan minuman sebagai teman menonton.

Tidak jarang, kami menemukan bekas makanan dan minuman yang tertinggal di kursi penonton. Dengan adanya inisiatif Coca-Cola ‘Reborn Area’ ini akan membantu kami dalam upaya untuk terus mengedukasi masyarakat dalam memilah dan membuang sampah pada tempatnya.

Terutama dengan adanya drop box, kemasan botol plastik bekas pakai akan terpilah dengan baik sehingga dapat didaur ulang agar kembali memiliki nilai ekonomi dan tidak berakhir menjadi sampah.”

Dengan setiap pembelian 2 (dua) botol Coca-Cola dan 1 (satu) popcorn CGV disertai dengan mengunggah foto dan tag akun Instagram @cocacola_id dan @cgv.id, maka konsumen akan berkesempatan untuk mendapatkan merchandise khusus. Coca-Cola ‘Reborn Area’ akan hadir di CGV Cinemas Grand Indonesia, Central Park, Pacific Place, FX Sudirman dan Aeon Mall JGC. Coca-Cola menyediakan 2 (dua) kotak pengumpulan kemasan botol plastik bekas pakai (drop box) di setiap lokasinya selama periode Desember 2023 - Maret 2024.

Botol plastik PET bekas pakai yang telah terkumpul melalui program ini akan digunakan sebagai bahan baku yang kemudian dikirimkan oleh Yayasan Mahija Parahita Nusantara ke fasilitas daur ulang Amandina Bumi Nusantara, kedua entitas yang didirikan oleh Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP) bersama Dynapack Asia. Selanjutnya botol PET bekas pakai akan diproses dan diubah kembali menjadi botol baru yaitu kemasan 100% plastik PET daur ulang — tidak termasuk tutup dan label — untuk produk minuman Coca-Cola di Indonesia.

Tentang Coca-Cola Indonesia COCA-COLA pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1927, dan diproduksi secara lokal untuk pertama kalinya di tahun 1932. Sejak tahun 1960-an, berbagai macam produk The Coca-Cola Company telah diperkenalkan pada pasar di Indonesia: SPRITE di tahun 1961, FANTA di tahun 1973, Diet Coca-Cola di tahun 1986, FRESTEA di tahun 2002, COCA-COLA ZERO dan MINUTE MAID PULPY di tahun 2008 dan Nutriboost di tahun 2014. Di tahun 2002, COCA-COLA pun mengakuisisi merek lokal air minum dalam kemasan, Ades. Kini, produk-produk COCA-COLA diproduksi di 8 pabrik dan 1 co-manufaktur di Indonesia.   Tentang CGV PT Graha Layar Prima Tbk adalah pemilik dan operator bioskop CGV di Indonesia. Bidang usaha Perseroan bergerak di sektor perfilman, penyediaan makanan dan minuman serta jasa rekreasi dan hiburan. Perseroan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 2014 dengan kode saham BLTZ. Hingga kini Perseroan telah mengelola 74 bioskop dengan 422 layar yang tersebar di lebih 30 kota di Indonesia. CGV adalah merek ternama dari jaringan bioskop global, yang telah memiliki bioskop yang beroperasi di seluruh penjuru dunia termasuk Korea Selatan, China, Vietnam, Myanmar, Turki dan Amerika Serikat.

Baca Juga: CCEP Indonesia Resmikan PT Mitra SuksesAtlanta Sebagai Coca Cola Official Distributor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti