JAKARTA. Commonwealth Bank Indonesia, anak perusahaan Commonwealth Bank Australia (CBA) Group memperkenalkan Women Investment Series (WISE), sebuah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan Indonesia, melalui kegiatan edukasi melalui berbagai jalur komunikasi. Presiden Direktur Commonwealth Bank Indonesia Tony Costa menjelaskan, WISE adalah gerakan sadar keuangan dari perempuan, untuk perempuan, yang akan menjadi wadah komunikasi untuk bertukar informasi dan pengetahuan seputar keuangan dalam kehidupan pribadi, keluarga dan bisnis. Saat ini, kata Tony, perempuan memegang peran penting dalam berbagai keputusan keuangan baik rumah tangga maupun bisnis. "Contohnya, 51% keuangan keluarga dilakukan oleh perempuan, 33% usaha kecil di Indonesia dimiliki oleh perempuan dan tingkat penggunaan produk dan jasa keuangan perbankan mencapai 57%," ucap Tony di Jakarta, Selasa (11/11).
Namun demikian, lanjut Tony, hal ini tidak sejalan dengan tingkat pemahaman keuangan perempuan. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, saat ini tingkat literasi keuangan perempuan Indonesia relatif rendah pada angka 19% jika dibandingkan dengan pria, yaitu sebesar 25%. "Oleh karena itu, program edukasi WISE akan dirancang secara khusus bagi perempuan dan memiliki sasaran terukur yang akan dipantau secara berkesinambungan. Program ini akan menyasar berbagai profesi perempuan baik profesional, ibu rumah tangga, pemilik usaha dan sebagainya," jelas Tony.