Khalayak pasti mahfum bahwa PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) bersaing dengan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) dan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS). Ketiganya merupakan perusahaan ritel yang menjual berbagai barang konsumsi, dari fesyen sampai makanan. Uniknya, MAPI baru saja mengabarkan, ia akan mejalin kerjasama dengan Matahari dan Ramayana sekaligus. Aha! Rupanya ini yang disebut koopetisi (coopetition). Sebagai salah satu bentuk aliansi bisnis, koopetisi unik karena kerjasama justru dibangun oleh beberapa korporasi yang saling bersaing. Tentu, ini bukan strategi ngawur. Lewat coopetition dengan pesaing, alih-alih saling mematikan, para pebisnis sama-sama ingin memperoleh manfaat. Ya, Mitra Adiperkasa ingin mencuil omzet dari segmen konsumen yang selama ini digarap oleh dua calon mitranya. Di lain pihak, Matahari dan Ramayana ingin turut menikmati bagian penjualan dari segudang merek berkualitas MAPI.
Coopetition, sama-sama peroleh manfaat
Khalayak pasti mahfum bahwa PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) bersaing dengan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) dan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS). Ketiganya merupakan perusahaan ritel yang menjual berbagai barang konsumsi, dari fesyen sampai makanan. Uniknya, MAPI baru saja mengabarkan, ia akan mejalin kerjasama dengan Matahari dan Ramayana sekaligus. Aha! Rupanya ini yang disebut koopetisi (coopetition). Sebagai salah satu bentuk aliansi bisnis, koopetisi unik karena kerjasama justru dibangun oleh beberapa korporasi yang saling bersaing. Tentu, ini bukan strategi ngawur. Lewat coopetition dengan pesaing, alih-alih saling mematikan, para pebisnis sama-sama ingin memperoleh manfaat. Ya, Mitra Adiperkasa ingin mencuil omzet dari segmen konsumen yang selama ini digarap oleh dua calon mitranya. Di lain pihak, Matahari dan Ramayana ingin turut menikmati bagian penjualan dari segudang merek berkualitas MAPI.