Corona Varian Omicron subvarian XBB 1.5 atau Kraken Telah Masuk Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kronologi virus corona varian Omicron subvarian XBB 1.5 atau varian Kraken masuk ke Indonesia.

Budi Gunadi mengatakan, varian Kraken tersebut diketahui terindentifikasi dari warga Polandia yang berkunjung ke Tanah Air.

“Dari orang Polandia dan itu dia kenanya di Balikpapan. Tapi yang bersangkutan sudah sempat travel di beberapa tempat. Hasilnya, saya tahu di whole genome sequencing (WGS) ketemu XBB 1.5,” ujar Budi Gunadi ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Vaksin Booster COVID-19 yang Diperbarui Bisa Cegah Penyakit dari Varian Terbaru

Ia mengungkapkan, warga Polandia tersebut masuk ke Indonesia melalui Jakarta pada 6 Januari 2023. Kemudian, yang bersangkutan melakukan perjalanan ke Balikpapan pada 7 Januari 2023.

“Kemudian, di rapid antigen (hasilnya) negatif. Tanggal 11 Januari, dia mau naik kapal jadi di PCR sebagai syarat masuk kapal dan hasilnya positif,” kata Budi Gunadi.

Di sisi lain, Budi Gunadi mengaku senang karena varian baru itu lebih cepat terdeteksi. Hal itu menunjukkan bahwa sistem penanganan Covid-19 di Indonesia lebih baik.

“Ini bukti sistem kita bagus. Jadi kita bisa cepat tahu ada orang yang kena, dan kena varian baru yang paling advance,” ujarnya.

Budi Gunadi lantas meminta masyarakat tak panik karena varian Kraken memiliki gejala ringan dan tidak mematikan.

Selain meminta masyarakat menggunakan masker di tengah keramaian, ia juga mengingatkan untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Baca Juga: Menkes Mengklaim Indonesia Sudah Bisa Kendalikan Covid-19 Hingga Daerah, Ini Resepnya

“Masyarakat juga harus tahu bahwa varian ini ringan, jadi pastikan booster-nya dilaksanakan,” kata Budi Gunadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Omicron XBB 1.5 atau Kraken Masuk ke Indonesia"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto