Cottonindo Ariesta (KPAS) pastikan laba tetap positif hingga tutup tahun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketatnya persaingan rupanya memaksa PT Cottonindo Ariesta Tbk memasang target kinerja yang tidak muluk-muluk hingga tutup tahun.

Pada sisi penjualan, emiten kapas yang memiliki kode saham KPAS di BEI ini mematok target penjualan konservatif, yakni diupayakan bertumbuh sedikit atau setidaknya sama dengan penjualan tahun lalu, yakni sebesar Rp 73,3 miliar. Sementara itu, laba bersih ditargetkan akan dijaga agar tetap positif hingga tutup tahun nanti.

Baca Juga: Cottonindo Ariesta (KPAS) bangun pabrik baru di Kalijati, Subang

“Gambaran laba diperkirakan tetap positif, namun belum bisa dipastikan apakah terdapat kenaikan (dibanding tahun lalu),” ujar Sekretaris Perusahaan KPAS Johan Kurniawan kepada Kontan.co.id (23/11).

Johan mengatakan bahwa persaingan di pasar kapas terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini menurut berdampak pada realisasi kinerja baik pada sisi penjualan maupun laba bersih.

Menilik laporan keuangan perseroan di kuartal III 2019, penjualan bersih perseroan hanya tumbuh tipis sekitar 0,78% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp 54,34 miliar di sembilan bulan pertama tahun ini, tidak jauh berbeda dengan penjualan di periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 53,91 miliar.

Baca Juga: Tahun depan, Cottonindo Ariesta (KPAS) bangun satu pabrik baru

Pada saat yang bersamaan, beban pokok penjualan sebenarnya mengalami penurunan sekitar 4,43% secara yoy dari yang semula Rp 33,67 miliar di kuartal III 2018 menjadi Rp 32,18 miliar pada kuartal III tahun ini. 

Alhasil, laba kotor perseroan masih bertumbuh sekitar 9,47% secara yoy menjadi menjadi Rp 22,15 miliar di sepanjang Januari - September 2019. Sebelumnya, laba kotor perseroan tercatat hanya mencapai Rp 20,23 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Editor: Handoyo .