JAKARTA. Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), Cross Mobile berada di posisi kedua sebagai ponsel terlaris di kuartal II 2012. Posisi ponsel lokal tersebut hanya kalah dari sang jawara yakni Nokia, tetapi mengalahkan Samsung di posisi ketiga, Mito dan BlackBerry di posisi kelima. Keberhasilan Cross ini tidak terlepas dari strategi bisnis yang mereka terapkan. Menurut Direktur Pemasaran Cross Mobile, Janto Djojo, Cross Mobile sengaja menggarap pasar feature phone (ponsel minim aplikasi) untuk kalangan menengah bawah. Sejauh ini, pilihan bisnis ini menjadi andalan ponsel lokal dalam bersaing dengan ponsel global. "Dengan membidik pasar menengah ke bawah, porsi penjualan produk feature phone kami berhasil mendapatkan porsi pendapatan sebesar 70% untuk penjualan kelas feature phone," katanya akhir pekan lalu. Supaya produk Cross laris di pasar, Cross Mobile kerap menggandeng (bundling) dengan program unggulan televisi. Misalnya membuat produk bundling bertema Indonesia Idol untuk tahun ini. Atau juga program serupa dengan acara komedi di stasiun televisi Anteve yakni Pesbukers. "Terus terang, penjualan kami jadi naik karena paket itu," katanya.
Cross geser posisi Samsung dan BlackBerry
JAKARTA. Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), Cross Mobile berada di posisi kedua sebagai ponsel terlaris di kuartal II 2012. Posisi ponsel lokal tersebut hanya kalah dari sang jawara yakni Nokia, tetapi mengalahkan Samsung di posisi ketiga, Mito dan BlackBerry di posisi kelima. Keberhasilan Cross ini tidak terlepas dari strategi bisnis yang mereka terapkan. Menurut Direktur Pemasaran Cross Mobile, Janto Djojo, Cross Mobile sengaja menggarap pasar feature phone (ponsel minim aplikasi) untuk kalangan menengah bawah. Sejauh ini, pilihan bisnis ini menjadi andalan ponsel lokal dalam bersaing dengan ponsel global. "Dengan membidik pasar menengah ke bawah, porsi penjualan produk feature phone kami berhasil mendapatkan porsi pendapatan sebesar 70% untuk penjualan kelas feature phone," katanya akhir pekan lalu. Supaya produk Cross laris di pasar, Cross Mobile kerap menggandeng (bundling) dengan program unggulan televisi. Misalnya membuat produk bundling bertema Indonesia Idol untuk tahun ini. Atau juga program serupa dengan acara komedi di stasiun televisi Anteve yakni Pesbukers. "Terus terang, penjualan kami jadi naik karena paket itu," katanya.