CSAP bakal rilis merek bahan bangunan sendiri



KONTAN.CO.ID -  PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) bakal merilis merek bahan bangunan sendiri. Tujuannya, selain mengintegrasikan bisnis distribusi dan perdagangan miliknya sekaligus agar semakin meningkatkan margin.

Imelda Widjojo, Hubungan Investor CSAP mengatakan, rencana tersebut saat ini tengah dimatangkan dan masuk rencana jangka panjang. Hal ini bukan berarti perusahaan akan masuk ke bisnis hulu atau pabrikasi bahan bangunan, melainkan menjalankan sistem dagang seperti OEM (Original Equipment Manufacturers) atau VAR (Value Added Remarketers).

OEM maksudnya, Catur Sentosa membeli barang dari produsen dan menjual kembali ke konsumen dengan menggunakan merek dagang sendiri.  "Untuk jadi pabrik belum, tetapi bisa ambil produk dari lainnya misalnya seperti produk China kami jadi OEM-nya," ujarnya kepada KONTAN, Senin (21/8).


Target pasar perusahaan ini membidik segala segmen di industri bahan bangunan. Untuk kelas menengah atas, perusahaan menggarap melalui kehadiran gerai ritel modern Mitra 10. Sedangkan segmen kelas menengah ke bawah perusahaan ini hadir dengan 41 cabang distribusi di 40 kota besar di Indonesia.

"Target pasar kami memang bukan orang yang ingin bangun rumah tetapi yang ingin renovasi rumah. Kalau bangun rumah, biasanya kontraktor deal-nya dengan pabrik sehingga dapat harga lebih murah. Sedangkan kami distributor bahan bangunan itu konsumennya toko-toko bangunan kecil," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini