CTRA dan EAST Optimis Musim Libur Sekolah Beri Dampak Positif Pada Bisnis Perhotelan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masa akhir liburan sekolah menjadi momen penting bagi industri pariwisata termasuk emiten pengelola hotel.

Pasalnya, mulai dari akhir bulan Juni hingga pertengahan Juli 2024, banyak sekolah-sekolah memasuki masa pengambilan rapor dan kenaikan kelas, sekaligus bertepatan dengan musim liburan sekolah dari segala jenjang pendidikan di Indonesia. 

PT Ciputra Development Tbk (CTRA) optimistis libur sekolah kali ini akan mengerek tingkat hunian hotel.


Harun Hajadi, Direktur Ciputra Development menyebutkan bahwa musim liburan ini bisa memberikan dampak peningkatan sekitar 15% terhadap tingkat okupansi hotelnya di berbagai daerah.

Baca Juga: Musim Liburan Sekolah, KAI Daop 5 Berangkatkan Sebanyak 211.327 Penumpang

"Ya untuk musim liburan pasti ada dampak, sekitar 15% on the average semua hotel kita," kata Harun kepada Kontan, Senin (6/7).

Sementara itu, Emiten pengelola hotel, PT Eastparc Hotel Tbk (EAST) juga percaya diri mampu meraih kinerja cemerlang pada semester kedua ini ditopang oleh musim liburan sekolah.

Direktur Pemasaran Eastparc Hotel Wahyudi Eko Sutoro menyampaikan bahwa liburan ini diharapkan keterisian kamar hotel mencapai 95%.

Ia menambahkan pada semester kedua ini pendapatan mengalami pertumbuhan sekitar 15% dibandingkan tahun pada semester pertama 2024.

Untuk mencapai target tersebut, perusahaan menyiapkan beberapa strategi yakni gencar melakukan pemasaran melalui sosial media dan penambahan dua wahana baru. 

Baca Juga: Penumpang Whoosh Naik Selama Liburan Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati